Temui Dirjend, Bupati Pesawaran Ajukan Pasar Maritim Di Pulau Legundi

PESAWARAN-(PeNa), Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengajukan dibangunnya Pasar Maritim di Desa Pulau Legundi Kecamatan Punduh Pidada ke pemerintah pusat,Jum’at (22/01/2021).
Usulan tersebut disampaikan melalui Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Republik Indonesia guna mengakselerasi pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi corona di Bumi Andan Jejama.
Bupati Dendi Ramadhona melalui Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Pesawaran Sam Herman mengatakan, ada beberapa program yang menjadi prioritas telah disampaikan ke kementerian salah satunya merupakan pasar maritim yang berada di Pulau Legundi.
“Iya program tersebut sedang digodok oleh kementerian, karena dialaminya juga terdapat kewenangan dari kementerian kelautan dan perikanan juga, karena pasar ini berada di tengah pulau, dan kebetulan juga disana belum ada, maka dari itu kami berharap pemerintah pusat dapat memberikan bantuan alokasi anggaran untuk pembangunan tersebut,” kata dia.
Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona juga meminta agar kementerian Perdagangan dapat membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Pesawaran untuk pemasaran produk yang dimiliki.
“Kementerian Perdagangan kan memiliki Web resmi UMKM Go Online, yang memang dikhususkan untuk memasarkan produk UMKM berbasis online, dan ini kami meminta agar produk asal Pesawaran dapat dibantu juga untuk pemasarannya, sehingga bisa sampai ke luar daerah atau mungkin bisa sampai luar negeri,” ujar dia.
Lawatannya ke pemerintah pusat tersebut juga sebagai bagian upaya menyiasati percepatan pemulihan perekonomian masyarakat yang telah menurun ditengah pandemi corona.
“Jadi intinya, kami datang ke kementerian ini dalam rangka pemulihan ekonomi para pelaku usaha kita yang mengalami penurunan selama pandemi Covid-19 yang melanda kita,” ucapan dia.
Kemudian, Pemkab Pesawaran juga tengah menyiapkan proposal pendukung untuk program tersebut, seperti jumlah pedagang sesuai by name by adrees nya, yang nantinya akan dikirim melalui sistem online.
“Intinya pemerintah pusat mendukung program ini, tinggal bagaimana kami (Pemkab) meyakinkan pemerintah pusat, kalau untuk lahan kita sudah upayakan, karena ini untuk masyarakat desa maka kami meminta pemerintah desa untuk menyiapkannya,” tegas dia.
Perlu diketahui, ditengah pandemi corona banyak sektor yang terganggu dan nyaris lumpuh. Karenanya, sebagai Kepala Daerah, Dendi Ramadhona terus mencari terobosan yang solutif guna memperbaiki dan mensejahterakan masyarakat baik petani, buruh, nelayan, wisata dan pada tatanan kehidupan lainnya.
Oleh: sapto firmansis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *