Tepat Waisak Polisi Amankan Lima Vihara Pesawaran

PESAWARAN-(PeNa), Untuk memberikan rasa aman dan nyaman dalam melaksanakan kegiatan ibadah umat Budha,  Polres Pesawaran turunkan personilnya mengamankan lima Vihara yang berada di Kabupaten Pesawaran, Selasa (29/5).
Kapolres Pesawaran AKBP Syaiful Wahyudi mengatakan bahwa jajarannya telah mengamankan lima Vihara yang berada diwilayah hukumnya. “Ya, kegiatan peringatan dan perayaan waisak 2572 BE/ 2018 berjalan dengan lancar dan aman. Ada lima Vihara yang kita fokuskan pengamanan dalam rangka memperingati hari besar umat Budha tersebut, ” kata dia.
Menurutnya, kelima Vihara yang dimaksud semuanya berada diwilayah hukum Polres Pesawaran. “Ya, lima Vihara tersebut semua di Kabupaten Pesawaran dan ratusan jamaat melaksanakan kegiatan dengan rasa nyaman dibawah pengamanan kepolisian Polres Pesawaran, ” ujar dia.
Dijelaskan, kelimanya adalah Vihara Giri Kirti di Dusun Srinungsa Bangsa Desa Poncokresno Kecamatan Negeri Katon dengan Pendeta Romo Sujono yang diikuti jemaat sekitar 150 orang. Kemudian, Vihara Sakiya  Wijaya Desa Trirahayu Kecamatan Negeri Katon dengan Pendeta Romo Kasno yang diikuti 60 jemaat. Lalu, Vihara Giri Pramono Desa Poncokresno Kecamatan Negeri Katon dengan Pendeta Harjo yang diikuti 40 jemaat.
Serta Vihara Giri Bhakti Dusun Talang Baru Desa Ponco Kresno Kecamatan Negeri Katon dengan Pendeta Romo Parianto yang diikuti 75 jemaat. Dan Vihara Dudha Gaya Desa Pejambon Kecamatan Negeri Katon dengan Pendeta Romo Prapto Budoyo yang diikuti 150 jemaat.
Kemudian yang terakhir pengamanan dilakukan di Vihara Budha Jayanti Dusun Trikora Desa Ponco Kresno Kecamatan Negeri Katon dengan Pendeta Romo Sukardi yang membawahi 150 jemaat.
“Seluruhnya ada sekitar tujuh  tempat kegiatan Ibadah Waisak, namun untuk Vihara Metha Dwipa Keruna Desa Bangun Sari Kecamatan Negeri Katon tidak dilaksakan karena bangunan Vihara tersebut dalam proses perbaikan. Alkhamdulillah semua dapat dilaksanakan dengan aman dan lancar terkendali. Untuk personil, masing-masing Vihara mendapat pengamanan minimal tiga personil. Karena kita sesuaikan dengan jumlah jemaat, ” tegas dia. PeNa-spt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *