Pemda Kab Pesawaran Terus Tanggulangi Korban Bencana Banjir Dan Tanah Longsor

 

P E S A W A R A N – (PeNa), Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemda Kab) Pesawaran terus tanggulangi para korban banjir dan tanah longsor disejumlah wilayahnya. Demikian dikemukakan Bupati Dendi Ramadhona melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Wildan,Jum’at (28/10/2022).

Menurutnya, upaya tersebut dilakukan bersama pihak terkait yang diantaranya adalah Polres Pesawaran dan TNI serta para relawan yang telah membantu memberikan bantuan dilapangan.

“Hari ini kita suport dapur umum di Rawa Kijing dan sekitarnya serta memberikan bantuan yang dibutuhkan masyarakat setelah hal yang sama juga dilakukan ditempat lain yang mengalami bencana serupa, ” kata Wildan.

Menurutnya, penanggulangan bencana yang dilakukan Pemda Kabupaten Pesawaran juga dengan menurunkan alat berat dibeberapa titik guna membersihkan material yang dibawa banjir pada hujan kemarin.

“Dinas PUPR kita juga telah menurunkan alat berat guna membantu masyarakat dalam membersihkan material yang menimbun sejumlah titik dan Dinas lainnya pun melaksanakan aksi sosial dengan mengirimkan logistik serta air bersih ditengah masyarakat, ” ujar dia.

Kemudian, untuk wilayah pesisir juga telah didirikan posko siaga bencana untuk mengantisipasi adanya musibah banjir susulan yang terjadi di Kecamatan Padang Cermin.

Camat Padang Cermin Darlis mengatakan, pihaknya saat ini telah menyalurkan berbagai macam bantuan yang dibutuhkan oleh masyarakat, mulai dari air bersih sampai dengan kebutuhan pangan lainnya.

“Kalau musibah banjir seperti saat ini, air bersih menjadi kebutuhan yang sangat diperlukan bagi masyarakat, dan kita sudah kirimkan bantuan air bersih dua tanki,” ujar dia.

Ia juga mengatakan, pihaknya juga telah mendistribusikan makanan dan bantuan sembako bagi masyarakat yang terkena musibah banjir ini.

“Kalau pendistribusian makanan sudah dilakukan dari kemarin sampai siang ini bagi masyarakat yang sedang bersih-bersih rumah, dan sebagian masyarakat sudah bisa melakukan aktifitas memasak di rumahnya masing-masing,” ujar dia.

“Kemudian, pihak Pemkab juga telah mendirikan posko darurat di depan Polsek Padang Cermin, posko itu nantinya menjadi tempat pengungsian masyarakat apabila terjadi banjir susulan,” kata dia.

Menurutnya, guna memastikan kesehatan bagi masyarakat yang terkena musibah banjir, Puskesmas Padang Cermin telah siap siaga 24 jam melayani masyarakat yang datang untuk berobat.

“Obat-obatan telah siap semua, karena ketika banjir terjadikan masyarakat rentan terserang penyakit, batuk pilek ataupun gatal-gatal, maka dari itu kita meminta pihak Puskesmas untuk selalu siaga memberikan pelayanan pengobatan kepada masyarakat,” tegas dia.

Menanggapinya, Saprudin salah satu warga yang terkena dampak banjir dan hampir menenggelamkan tempat tinggalnya mengapresiasi atas kepedulian pemerintah yang dianggap sangat responsif.

“Banjir memang terjadi dimana mana, bukan hanya di Padang Cermin tapi hampir diseluruh wilayah. Kalau menurut informasi dimedia massa, banjir terjadi di Kabupaten Pringsewu, Lampung Timur, Metro, Lampung Tengah dan Lampung Selatan yang katanya memakan korban. Alkhamdulillah dan kami sangat mengapresiasi respon dari pemerintah yang cepat tanggap dan langsung cek ke lapangan serta berikan bantuan,” kata dia.

Untuk diketahui, Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran bersama beberapa pihak terus memberikan bantuan kepada para korban banjir dan tanah longsor. Baik bantuan kesehatan dan obat-obatan, pangan siap saji atau dapur umum, paket sembako dan lainnya guna membantu meringankan beban para korban.

Oleh: sapto firmansis

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.