Bupati Dan Kapolres Pesawaran Pantau Langsung Pilkades Serentak

 

P E S A W A R A N – (PeNa), Bupati Dendi Ramadhona dan Kapolres Pesawaran AKBP Vero Aria Radmantyo serta TNI memantau pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) yang serentak dilangsungkan di 37 desa di Bumi Andan Jejama, Rabu (17/11/2021).

Dikesempatan tersebut, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan bahwa pihaknya telah membentuk sejumlah tim guna memantau secara langsung pelaksanaan pilkades serentak dengan 137 kontestan yang nantinya akan memperebutkan suara.

“Ya hari ini saya bersama dengan pak Kapolres, kemudian Dandim meninjau desa-desa yang berada di daerah Pesisir, yang pertama kita memastikan protokol kesehatan (Prokes) berjalan dengan ketat di TPS, karena kita ketahui pelaksanaan tahun ini dilakukan di tengah pandemi covid-19,” kata dia.

Menurutnya, pemantauan di desa kepulauan menjadi salah satu titik fokus, karena menurutnya TPS yang berada di Pulau Pahawang berjarak berjauhan dan mobilisasinya juga menggunakan perahu.

“Jadi kalau di Pulau Pahawang ini bukan rawan kamtibmasnya, tetapi faktor cuaca dan geografis juga menjadi kendala dalam pelaksanaan Pilkades, tetapi insyaallah mulai dari pendistribusian logistik Pilkades sampai dengan pelaksanaan hari ini berjalan dengan baik dan lancar semua,” ujar dia.

Dalam pantauannya, tingkat partisipasi masyarakat untuk memberikan hak suaranya cukup tinggi dan diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan damai hingga penghitungan suara nantinya.

“Rata-rata jam 10 sampai 11 itu, setiap TPS sudah mencapai 80-90% dari jumlah mata pilih di TPSnya, ini membuktikan kalau sosialisasi Pilkades berjalan dengan baik dan sampai kepada masyarakat,” ucap dia.

Selain meyakinkan pilkades serentak berjalan dengan aman dan damai serta sejuk, Dendi juga mengimbau kepada para calon agar tetap legowo dengan hasil yang akan diterima nantinya.

“Saya yakin setiap calon mempunyai visi dan misi yang sifatnya untuk membangun desa, kalau saya jujur kepinginnya semua menang, namun karena ini pemilihan tentu harus ada yang kalah. Tapi saya berpesan siapapun nanti yang menang jangan terlalu beruforia yang berlebihan agar tidak menimbulkan kekacauan, dan harus bisa merangkul calon yang kalah,” tutur dia.

Melengkapinya, Kapolres AKBP Vero Aria Radmantyo mengatakan bahwa tingkat kesadaran masyarakat terlihat cukup baik sehingga pelaksanaan pilkades serentak dapat berlangsung dengan tertib dan aman serta mematuhi protokol kesehatan.

“Pantauan sementara cukup baik dan tertib, namun demikian kita tetap harus waspada dan meminimalisir potensi kerusuhan sehingga pesta demokrasi tingkat desa ini berjalan sebagai mana mestinya tanpa ada keributan, ” kata dia.

Menurutnya, dalam pelaksanaan pilkades serentak tersebut sedikitnya 340 peraonil pengamanan dijagakan agar dapat berlangsung dengan aman dan terkendali.

“Untuk keamanan tidak ada masalah, Polres Pesawaran mendapat bantuan personil dari Ditsamapta dan Sat Brimobda Lampung sehingga dapat meng-cover seluruhnya sampai penghitungan suara nantinya, ” ujar dia.

Personil keamanan tersebut juga disebar di 164 Tempat Pemungutan Suara (TPS) guna membantu petigas Linmas dan panitia pemungutan suara yang ada di desa-desa yang melaksanakan pilkades.

“Kita sudah monitor desa mana saja yang berpotensi, dan desa yang melaksanakan Pilkades harus disiplin menerapkan prokes. Semoga dapat berjalan dengan damai, aman dan kondusif sampai selesai, mengingat pelaksanaan masih di tengah pandemi,” tegas dia.

Oleh: sapto firmansis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *