Bupati Pesawaran Penuhi Undangan Kedubes Amerika, Pamerkan Sulam Jelujur Dan Destinasi Pariwisata

 

P E S A W A R A N – (PeNa), Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona memenuhi undangan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika guna memamerkan kerajinan khas Bumi Andan Jejama di kancah internasional melalui Ocean City Washington DC di Amerika Serikat. Demikian dikemukakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pesawaran Wildan, Jum’at (28/10/2022).

Pada ajang tersebut, dari Indonesia hanya Kabupaten Pesawaran dan Provinsi Bali yang mendapat kesempatan dan di undang secara langsung dari pihak panitia penyelenggara melalui Kedubes Indonesia di Amerika Serikat. Dan, Kabupaten Pesawaran menampilkan kerajinan tangan Desa Sungailangka Kecamatan Gedong Tataan yakni Sulam Jelujur.

“Jadi, Pak Bupati ke Amerika berangkat ke Amerika setelah sebelumnya kita menerima undangan Kedubes Amerika agar hadir dan dapat memamerkan kerajinan Sulam Jelujur dan UMKM serta destinasi wisata yang kita miliki, ” kata Sekda Wildan.

Menurutnya, keberangkatan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona didampingi Oleh Ketua Dekranasda Nanda Indira Dendi dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait serta pihak pengrajin atau pelaku Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM)nya.

“Ada tiga kegiatan di sana, yaitu pada tanggal 26 Oktober ikut pameran di Gedung Kedubes RI di Amerika, Washington DC dan tanggal 29 Oktober diundang ramah tamah di Rumah Jabatan Kedubes RI di Washington DC, lalu tanggal 30-31 Oktober ikuti pameran di Ocean City Washington DC, ” ujar dia.

Proses keberangkatan juga telah mendapat surat persetujuan dari Gubernur Lampung, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementrian Sekretariat Negara (Kemensesneg) setelah sebelumnya menerima surat undangan secara resmi dari Kedubes Amerika Serikat.

“Sekali lagi saya sampaikan, Pak Bupati ke Amerika itu membawa nama baik Pesawaran di acara Internasional. Pada kegiatan tersebut ada sekitar 300an peserta dari berbagai negara, unsur dunia usaha, pengacara, unsur UMKM di AS, mahasiswa dan pelajar serta masyarakat umum yang ada di USA, ” tutur dia.

Ia juga menegaskan, Sulam Jelujur merupakan karya UMKM yang menjadi kebanggaan Pemerintah Kabupaten Pesawaran dan menjadi kerajinan khas Bumi Andan Jejama.

“Setelah tampil diberbagai kesempatan ajang nasional dan berbagai manca negara, Sulam Jelujur juga baru saja mendapatkan penghargaan sebagai terbaik se-Provinsi Lampung pada acara Lampung Craft Ke-3 Tahun 2022,” tegas dia.

Menanggapinya, usai menerima penghargaan dalam acara Lampung Craft ke-3 tahun 2022 pada kategori kerajinan terbaik 1 se-Provinsi Lampung tersebut, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi mengaku bahwa hal ini adalah kebanggaan masyarakat Kabupaten Pesawaran.

“Kalau kerajinan asal Pesawaran sudah diakui oleh masyarakat luar, tentunya ini dapat menghidupkan kembali perekonomian Pesawaran pasca pandemi, dan diharapkan juga dapat meningkatkan perekonomian para pengerajin,” kata dia.

 

Oleh: sapto firmansis

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.