Cegah Pelanggaran, Bidpropam Polda Lampung Lakukan Mitigasi Di Polres Pesawaran

P E S A W A R A N – (PeNa), Mencegah pelanggaran anggotanya, Bidang Profesi dan Pengaman (Bidpropam) Polda Lampung lakukan mitigasi dan Penegakan, Penertiban dan Pendisiplinan (Gaktiblin) di Polres Pesawaran, Rabu (03/08/2022).

Kabid Propam Polda Lampung Kombes Pol Muhammad Syarhan melalui Kasubbid Provost Propam Kompol Yohanis mengatakan bahwa kegiatan tersebut dimaksudkan untuk meminimalisir pelanggaran disiplin dan kode etik anggota Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Polri.

“Mitigasi dan Gaktiblin, ini merupakan program prioritas Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo untuk mencegah terjadinya pelanggaran disiplin baik di Polda Lampung ataupun di Polres jajaran, ” kata dia.

Menurutnya, sebagai anggota Polri tentunya sudah paham tentang Peraturan disiplin, Terduga Pelanggar, Terhukum dan Disiplin. Dan, Peraturan disiplin itu adalah segala aturan dan norma yang harus kita taati, jangan sampai menjadi terduga pelanggar.

“Tugas dan wewenang Provost yakni membantu pimpinan, beda dengan Kasat, Kasi dan lainnya, untuk membina dan menegakkan disiplin serta memelihara tata tertib kehidupan anggota Polri, di dalam tugas dan wewenangnya kita melaksanakan tugas Preventif dan Represif,” ujar dia.

Kompol Yohanis juga menegaskan bahwa apa yang diingatkan pimpinan selaku penanggungjawab tentunya harus diimplementasikan didalam menjalankan tugas sehari hari sehingga dapat mencegah apa yang disebut pelanggaran disiplin maupun kode etik.

“Saya lihat di Polres Pesawaran jarang ada pelanggaran, saya mengucapkan terimakasih kepada Wakapolres yang sudah mengingatkan anggotanya. Ini harus didukung, gimana cara mendukungnya, ini harus kita pedomani bersama mulai dari Gampol sampai dengan sikap tampang, kehadiran kita disini untuk mengingatkan rekan-rekan semua,” tutur dia.

Ikut mendampingi Kompol Yohanis diantaranya adalah Kaur Gakkum Subbid Provost AKP Syahdan, Ps. Kanit Riksa 2 Subbid Provost Iptu A. Nusa Putra dan Tim Rombongan Bid Propam Polda Lampung sekaligus sebagai Nara sumber pada kegiatan yang dihadiri Kapolres AKBP Pratomo Widodo yang diwakili Wakapolres Pesawaran Kompol Muhammad Riza T serta para Pejabat Utama (PJU), Para Kapolsek Jajaran dan Personil Polres Pesawaran di Mapolres setempat.

Dalam sambutanya, Wakapolres Pesawaran Kompol M.Riza T mewakili Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo mengatakan bahwa untuk kegiatan mendisiplinkan diri memang sudah rutin dilakukan pimpinan pada saat apel yang selalu menekankan untuk menjauhi pelanggaran.

“Saya ucapkan terima kasih kepada anggota yang telah menjaga disiplin dan kebersihan diri, apabila ada kunjungan kita sudah siap, kalau kita sudah terbiasa dengan disiplin, hidup akan bisa kita nikmati,” kata Kompol M.Riza T.

Dikegiatan yang dimaksud, seluruh anggota yang hadir mendapat pengarahan dari Team Bid Propam Polda Lampung, agar dapat diimplementasikan dilapangan sehingga benar benar dapat terhindar dari pelanggaran disiplin dan kode etik.

“Aturan di Kepolisian ini tidak terlalu rumit walaupun rumit itu hanya sampai kita menjadi Polisi, apabila kita Pensiun sudah lepas atau tidak berlaku lagi, kalau etika berlaku selama kita hidup, lebih tinggi kita apabila kita mempunyai etika dan estetika,” tegas dia.

Untuk diketahui, didalam penyelesaian disiplin menganut beberapa asas, yaitu Legalitas, Profesional, Akuntabel, Kesamaan Hak, Kepastian Hukum, Keadilan, Praduga Tak Bersalah, Transparan, Cepat dan Tepat, sanksi hukum yang ada untuk anggota yang melanggar disiplin ada banyak salah satunya melalui mekanisme tindakan disiplin.

 

Oleh: sapto firmansis

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.