Cegah Penyebaran PMK, Polres Dan Pemda Kab Pesawaran Lakukan Vaksinasi

P E S A W A R A N – (PeNa), Mencegah penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Polres Pesawaran Polda Lampung dan Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemda Kab) Pesawaran lakukan vaksinasi pada hewan ternak di Bumi Andan Jejama.

Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo, melalui Kasat Binmas Polres Pesawaran Iptu Matera didampingi PS. Kanit Binkamsa Bripka Aldias Mardianto mengatakan bahwa vaksinasi yang dilakukan terhadap hewan ternak dalam rangka pencegahan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku.

“Kita berikan vaksinasi mencegah PMK pada 153 ekor sapi milik peternak dan kelompok tani yang ada di Dusun Tanjung Harapan dan Dusun Tanjung Jaya, Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran,” Kata Kasat Binmas, Sabtu (23/07/2022).

Diterangkan, nantinya hasil yang diperoleh setelah dilaksanakannya vaksinasi PMK tersebut adalah menekan penyebaran virus sehingga ternak hewan yang ada diwilayah hukumnya aman dari paparan PMK yang sangat berpotensi penularannya.

“Diharapkan para pemilik ternak memahami maksud dan tujuan vaksinasi hewan yakni untuk menekan tingkat kerugian peternak apabila hewan terkena PMK,” terang dia.

Kemudian, menurut Ketua Tim vaksinasi hewan yang juga selaku Sub Koordinator Kesehatan Hewan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Pesawaran Eka Juniati mengatakan bahwa pihaknya melibatkan 1 orang dokter hewan, 8 orang inseminator dan 4 orang penyuluh peternakan guna melaksanakan kegiatan tersebut.

“Vaksin yang dipersiapkan adalah sebanyak 153 dosis dan sudah divaksin terhadap 153 ekor hewan ternak sapi yang sebelumnya sudah melalui tahap pemeriksaan kesehatan hewan jadi semua sapi yang akan divaksin sudah dipastikan dalam kondisi sehat tanpa ada gejala klinis,” ujar dia.

Untuk diketahui, PMK sebelumnya terdeteksi telah terpapar dibeberapa lokasi ternak hewan di Bumi Andan Jejama saat menjelang hari besar Idul Adha 1443 Hijriyah. Namun, kini kondisinya telah terkendali dan diharapkan tidak ada lagi ternak hewan yang terjangkit.

Oleh: sapto firmansis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.