Cegah Perundungan, Polisi Berikan Penyuluhan Pada Siswa

 

P E S A W A R A N – (PeNa), Mencegah perbuatan perundungan atau biasa disebut bullying, Polres Pesawaran memberikan penyuluhan kepada siswa dan siswi di SMK Negeri 1 Gedong Tataan di Dusun Dam C Desa Wiyono Kecamatan Gedong Tataan, Selasa (02/11/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan melalui Sat Binmas Polres Pesawaran dengan menugaskan sejumlah personilnya ditengah siswa dan siswi disekolah tersebut dan didampingi para guru sekolah yang dimaksud.

Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo mengatakan bahwa kegiatan dimaksudkan untuk mencegah tindakan bullying yang dapat digambarkan sebagai tindakan menindas suatu kelompok kecil atau perorangan yang dianggap lebih rendah oleh para pelaku bullying.

“Kasus perundungan atau yang biasa disebut sebagai tindak bullying adalah suatu tindak kejahatan yang berdampak sangat berat kepada korban, ” kata dia.

Diterangkan, Bullying dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai penindasan atau risak merupakan segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu orang atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus.

“Bullying fisik misalnya menonjok,mendorong,memukul,menendang, dan menggigit; bullying verbal antara lain menyoraki, menyindir, mengolok-olok, menghina, dan mengancam. Bullying tidak langsung antara lain berbentuk mengabaikan, tidak mengikutsertakan, menyebarkan rumor atau gosip dan meminta orang lain untuk menyakiti, ” terang dia.

Kegiatan penyuluhan tersebut juga menanggapi beberapa peristiwa perundungan yang kerap terjadi disejumlah daerah diluar Bumi Andan Jejama belakangan ini. Dan, diharapkan tidak terjadi pada wilayah hukum Polres Pesawaran.

Menanggapinya, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Gedong Tataan Dwi Artini mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih atas diselenggarakannya kegiatan tersebut disekolah yang dipimpinnya dengan melibatkan siswa-siswi dari perwakilan kelas X, XI, dan XII.

“Semoga kedepannya sekolah kami dan Polres Pesawaran tetap menjalin kerjasama dalam hal memberikan sosialisasi tentang kenakalan remaja terutama dilingkungan sekolah kami. Dan, alkhamdulillah semoga setelah diberikan penyuluhan ini anak anak memahami sehingga tidak melakukan perbuatan bullying yang dapat membahayakan,” kata dia.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut dilangsungkan diluar kelas dengan menggunakan monitor yang telah disiapkan pada kendaraan penyuluh milik Polres Pesawaran sehingga para siswa lebih mudah memahami apa yang disampaikan.

 

Oleh: sapto firmansis

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.