Dinkes Dukung Polri Untuk Desa Tangguh Nusantara

PESAWARAN-(PeNa), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesawaran mendukung program Polri untuk Desa Tangguh Nusantara di Bumi Andan Jejama.
Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran Yasmin Marlinawati melalui Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Fitri Sanawiyah P mengatakan bahwa tenaga kesehatan (nakes)nya siap membantu program Polri dalam mencegah penyebaran covid-19.
“Kita memiliki 75 tenaga kesehatan perawat homecare yang tersebar di 11 kecamatan, nah selain bidan dan dokter , nakes homecare siap membantu dan mendukung program tersebut,” kata dia.
Sebelumnya, Kapolres Pesawaran AKBP Vero Aria Radmantyo menuturkan bahwa desa-desa di Kabupaten Pesawaran segera dibentuk Desa Tangguh Nusantara guna mengoptimalkan pencegahan penyebaran covid-19.
“Desa tangguh nusantara untuk tangguh kesehatan tangguh keamanan dan tangguh pangan, nah untuk kesehatan maksudnya disetiap desa nantinya harus menyiapkan rumah isolasi dan personil yang bertugas. Kita libatkan tenaga medis, Satu Pol PP,TNI-Polri dan aparatur desa,” tutur dia.
Menurutnya, nantinya petugas di desa harus melakukan tracking terhadap warga yang terkonfirmasi positif covid-19 maupun yang baru pulang dari bepergian di zona merah.
“Bhabinkamtibmas mentracing warga yang terkonfirmasi, kemudian setiap warga mendapat pengawasan secara maksimal dari satgas desa agar lebih cepat terdeteksi manakala ada yang terpapar sehingga tidak menimbulkan klaster baru,” ujar dia.
Tenaga medis yang dimaksud diantaranya adalah tenaga perawat homecare,bidan dan dokter yang bertugas di Puskesmas yang ada.
“Saya dapat informasi, di Kabupaten Pesawaran kan ada tenaga Homecare. Nah,mudah-mudahan ini dapat membantu pelaksanaan dan pengoperasian Desa Tangguh Kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran covid-19 di Bumi Andan Jejama,” tegas dia.
Oleh: sapto firmansis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *