Forkopimda Kab Pesawaran Kompak, Usai Rakor Nyanyi Keroncong Bersama

P E S A W A R A N – (PeNa), Bupati, Kapolres, Ketua DPRD, Kajari dan Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Pesawaran  kompak menyanyikan lagu keroncong ‘Bengawan Solo’ usai menggelar rapat koordinasi (rakor) Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat, di Desa Begelen Kecamatan Gedong Tataan, Kamis (04/08/2022).

Kegiatan rakor tersebut dilaksanakan guna menyamakan persepsi dan mengantisipasi berbagai hal negatif yang dapat mempengaruhi masyarakat Bumi Andan Jejama dan mengantisipasi gejolak politik dan keamanan serta ketertiban masyarakat pada pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahun 2022 di 27 desa mendatang.

Dikesempatan tersebut, Bupati Dendi Ramadhona mengatakan bahwa rakor Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk menyatukan persepsi dan memformulasikan bagaimana mencegah hal hal yang dapat mempengaruhi publik.

“Tahun 2022 ini akan dilaksanakan pilkades serentak, meski hanya di 27 desa namun bebarengan dengan tahapan pemilihan umum yang sudah dimulai. Tentunya sangat berpengaruh dengan berbagai isu isu atau opini publik yang terus berkembang, ” kata Dendi.

Pemilihan umum yang dimaksud bakal dilaksanakan di tahun 2024 secara serentak disejumlah kabupaten kota dan provinsi di Indonesia. Sesuai dengan Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Forkopimda adalah forum untuk menunjang kelancaran pelaksanaan urusan pemerintahan umum.

“Kita harus dapat mengantisipasi perkembangan isu negatif dan hoax yang dapat merusak pola fikir masyarakat sehingga berpotensi pada gangguan situasi politik keamanan dan ketertiban yang ada, ” ujar dia.

Terkait berkembangnya trend politik identitas, Bupati Dendi Ramadhona juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat Bumi Andan Jejama untuk cerdas dalam menyikapi dan tidak terprovokasi terhadap paham yang dapat memecah persatuan dan kesatuan.

“Belakangan trend politik identitas sudah mulai dihembuskan, nah saya yakin masyarakat sekarang sudah cerdas dan kritis sehingga tidak dapat terkontaminasi meski terhadap apa yang memang belum diketahuinya, ” tutur dia.

Tentang beralihnya perkembangan virus covid-19 melalui varian barunya, Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo mengingatkan kepada seluruh masyarakat yang ada di wilayah hukumnya untuk tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan.

“Gerai vaksin Polres Pesawaran terus melayani siapapun yang memang telah memasuki jadwal untuk dilakukan vaksin dosis dua dan booster. Nah, saya minta kepada masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan pelayanan tersebut, ” kata Pratomo.

Ia mengingatkan, perkembangan pandemi corona meski terlihat melandai namun harus tetap mewaspadainya. Varian varian baru dari virus yang berasal dari Wuhan China tersebut telah membelah diri dan mewujud dalam sel baru yang diketahui sebagai varian baru dari virus covid-19.

“Tetap jaga kesehatan dengan menjaga pola hidup sehat, rajin berolah raga dan mencuci tangan ketika usai beraktifitas. Juga tetap menerapkan protokol kesehatan yang diantaranya mengenakan masker pada aktifitas diluar rumah, ” pintanya.

Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo menegaskan bahwa terkait keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) harus dijaga dan dilakukan secara komprehensif bersama seluruh elemen masyarakat.

“Kamtibmas merupakan tanggungjawab kita semua, karenanya seluruh masyarakat dan elemennya harus dapat saling menjaga. Segera informasikan dan laporkan ke petugas terdekat manakala ada kegiatan yang mencurigakan dilingkungan masing masing, ” tegas dia.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Memory of Understanding antara Pemerintah Kabupaten Pesawaran dengan Kejaksaan Negeri terkait penyelesaian perkara tata usaha negara dan Pengadilan Agama setempat.

Rakor Forkopimda tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Pesawaran Suprapto, Kepala Kejaksaan Negeri Gedong Tataan Diana Wahyu Widiyanti, Ketua Pengadilan Agama Gedong Tataan Nadimin dan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Pesawaran.

Oleh: sapto firmansis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.