HUT Kab Pesawaran Sejumlah Warga Dipasang Kontrasepsi Dan ASN Donorkan Darahnya

P E S A W A R A N – (PeNa), Sejumlah warga dipasang alat kontrasepsi atau menerima pelayanan Keluarga Berencana (KB) dan puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) mendonorkan darahnya melalui Palang Merah Indonesia (PMI) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung, Rabu (13/07/2022).

Kegiatan Bhakti Sosial tersebut dilakukan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana ( P3AP2KB) dan PMI Kabupaten Pesawaran dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pesawaran Ke-15.

“Kegiatan ini merupakan bentuk memeriahkan HUT Kabupaten Pesawaran ke 15 dan juga Harganas yang ke 29. Dan, masih banyak lagi kegiatan sosial yang dilakukan disejumlah desa di Bumi Andan Jejama,” kata Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Pesawaran Maysuri.

Ia juga menuturkan bahwa selain pelayanan KB dan donor darah juga dilakukan khitanan massal kepada anak anak serta pembinaan di Kampung KB sekaligus memberikan penyuluhan bagaimana mencegah stunting sehingga diharapkan dapat menekan angka jumlah stunting secara masif.

“Untuk pelayanan KB, kita berikan Implant, IUD, Suntik dan Pil kepada ratusan masyarakat yang hadir. Dan, juga pemasangan alat kontrasepsi 40an aseptor, semoga dengan adanya kegiatan kita dapat mewujudkan tujuan kita yakni menciptakan Norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera serta menurunkan angka stunting di Kabupaten Pesawaran,” tutur dia.

Selain itu, kedepan Dinas P3AP2KB Kabupaten Pesawaran akan melaksanakan kegiatan Lomba KB Lestari Teladan, Lomba mewarnai anak-anak dan Lomba Kebersihan pada tanggal 21-22 mendatang di seluruh kampung KB khususnya di Kecamatan Padang Cermin selaku Wilayah Binaan.

Kemudian, Ketua PMI Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi juga mengatakan bahwa kegiatan donor darah sebenarnya kerap dilaksanakan namun bhakti sosial donor darah kali ini dilakukan bertepatan dengan momentum perayaan HUT Kabupaten Pesawaran Ke-15.

“PMI Kabupaten Pesawaran terus melaksanakan kegiatan sosial donor darah guna memenuhi kebutuhan darah ditengah masyarakat. Kami juga terus menggandeng pihak terkait sehingga dapat menambah stok darah yang ada, karena donor darah adalah memberi tanpa mengurangi jadi kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk dapat aktif melakukannya, ” kata Nanda.

Untuk diketahui, meski belum direkap secera keseluruhan namun sedikitnya tercatat 73 peserta pendonor yang turut serta. Namun, ada 11 peserta tidak dapat melakukannya karena kesehatannya tidak memungkinkan.

“Semoga meskipun sedikit, darah tersebut nantinya dapat bermanfaat. Dan alkhamdulillah, kegiatan berjalan dengan baik tidak ada kendala apapun, karenanya saya ucapkan terima kasih kepada ASN atas partisipasinya,” tegas dia.

 

Oleh: sapto firmansis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.