Kesadaran Masyarakat Untuk Cuci Tangan Pakai Sabun Masih Rendah

PESAWARAN-(PeNa), Kesadaran masyarakat untuk mencuci tangan pakai sabun masih rendah, demikian terungkap pada kegiatan Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia Tahun 2018 di Gedung SDN14 Padang Cermin, Kecamatan Padang Cermin, Jum’at (26/10).
Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengungkapkan bahwa Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia adalah sebuah kampanye global yang di peringati pada tanggal 15 oktober setiap tahunnya dan dicanangkan oleh PBB bekerjasama dengan organisasi organisasi lainnya baik pihak pemerintah maupun swasta untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan pakai sabun dan air bersih mengalir.
“Hal ini sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia, ” kata dia.
Mencuci tangan pakai sabun dan air bersih mengalir sangatlah penting, karena tangan melakukan segalanya. Golongan penyakit infeksi yang dapat dicegah dengan CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) antara lain penyakit diare, infeksi saluran napas akut (ISPA), flu burung, cacingan dan lain-lain.
Terkait dengan kegiatan cuci tangan pakai sabun, tidak terlepas dari akses air bersih yang mencukupi. Selain itu, kegiatan cuci tangan pakai sabun ini juga termasuk salah satu kegiatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dimana tercantum pada pilar yang kedua yaitu CTPS.
“Implementasi cuci tangan yang benar dilaksanakan pada tatanan Rumah tangga, Sekolah, Lingkungan kerja, sarana pelayanan kesehatan dan tempat-tempat umum, ” ujar dia.
Pada umumnya pengetahuan mengenai pentingnya melakukan CTPS ini sudah sangat tinggi namun kesadaran untuk melakukan CTPS ini yang masih rendah dan tidak terbiasa melakukan Cuci Tangan yang benar pada saat-saat penting seperti, sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, setelah buang air besar, setelah kontak dengan binatang dan lain lain.
“Untuk itu, pada kesempatan ini saya ingin semua masyarakat menyadari bahwa kebersihan tangan sangat penting untuk kesehatan, mencuci tangan dengan baik sebelum maupun sesudah melakukan aktifitas, bukan hanya mengajari tetapi juga dapat memberi contoh agar mereka khususnya anak-anak agar dapat terbiasa mencuci tangan dengan sabun, ” ungkap dia. PeNa-spt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *