Kinerja Bawaslu Tak Sesuai UU

BANDAR LAMPUNG – Koalisi Rakyat Lampung Untuk Pemilu Bersih (KRLUPB) menilai Bawaslu Lampung gagal mengatasi terjadinya politik uang pada Pilgub Lampung 2018.

Hal itu dikatakan Ketua Koalisi Rakyat Lampung untuk Pemilu Bersih (KRLUPB) Rakhmat Husein DC kepada majelis hakim Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dalam sidang perdana DKPP di Jakarta, Kamis (6/9)

”Bawaslu Lampung dinilai gagal mencegah, mengawasi dan melakukan penindakan terhadap pelanggaran Pilgub Lampung, termasuk politik uang,” kata Rakhmat Husein DC.

Dijelaskannya, logika secara paling sederhana, kalau Bawaslu Lampung melakukan pencegahan terhadap proses politik uang, maka politik uang tidak akan terjadi sebombastis ini.

”Mungkin akan ada politik uang, tetapi tidak separah kemarin itu. Jadi kami menilai Bawaslu Lampung telah gagal melaksanakan tugas yang diamanatkan UU,” katanya.

Kedua, kata Rakhmat Husein DC, Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriah telah melanggar etika karena.memiliki hubungan dengan tim pemenangan yang kasusnya sedang diperkarakan.

“Kakak dari ketua Bawaslu Lampung menjabat sebagai sekretaris PKB dan Tim Pemenangan Arinal Djunaidi-”Chusnunia Chalim di Lamtim,” katanya.

Menurut Rakhmat Husein DC, hal itu melanggar etika ketika majelis hakim memiliki hubungan dengan tim pemenangan yang kasusnya sedang diperkarakan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *