Lestarikan Budaya, DPC HARPI Melati Berharap Bersinergi Dengan Pemda Pesawaran

 

P E S A W A R A N – (PeNa), Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia ( DPC-HARPI) Melati berharap dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pesawaran dalam melestarikan adat dan budaya nusantara.

Hal tersebut mengemuka pada gelaran pelantikan dan pengukuhan pengurus DPC HARPI Melati Kabupaten Pesawaran periode 2020-2024 yang dilaksanakan di Aula Pemkab Pesawaran, Senin (08/11/2021).

“Harapan kami kedepannya HARPI Melati ini bisa bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran dalam melestarikan adat budaya Nusantara yang ada di Bumi Andan Jejama bekerja sama juga dengan ketua-ketua adatnya,” kata Ketua terpilih DPC HARPI Melati Kabupaten Pesawaran periode 2020-2024 Endra Wati.

Usai pelantikan, ia mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran yang telah mensupport kegiatan ini.

“Saya ucapkan terimakasih kepada bapak Bupati Pesawaran beserta Ibu yang sudah mendukung sepenuhnya dan memberi kesempatan pada kami untuk mengadakan acara ini,” ucap dia.

Ia menjelaskan, untuk kedepan pihaknya akan mengadakan lokakarya pengantin Adat Pesisir dan Pepadun, agar pihaknya memiliki standarisasi sebagai pakem tata rias yang dilakukan nantinya.

“Besar juga harapan kami kepada ibu Nanda Indira Dendi yang dalam hal ini sebagai pembina HARPI Melati Kabupaten Pesawaran sekaligus ketua Dekranasda Pesawaran agar bisa menggandeng kami, memotivasi kami, untuk melangkah lebih maju,” tutur dia.

Kedepan, kreatifitas pada seni budaya guna menunjang karya rias akan terus ditingkatkan diantaranya melalui anak-anak dan pelajar sekolah dan non formal.

“Dan untuk Kadis Dikbud dan Kadis Pariwisata bisa menjadikan kami sebagai mitra untuk mengembangkan kreativitas seni budaya pada anak-anak dan pelajar yang ada di Kabupaten Pesawaran,” pinta dia.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya adalah Ketua Dekranasda Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Pesawaran Aryah, DPD HARPI Melati Provinsi Lampung Imam Kasma Junelis, Kadisdik Anca Martha Utama, Kadis Pariwisata Ketut Partayasa, Ketua-Ketua DPC HARPI Melati se-Provinsi Lampung dan seluruh anggota dan pengurus HARPI Melati Kabupaten Pesawaran.

Menanggapinya, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona melalui Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Marzuki mengucapkan selamat atas dikukuhkannya pengurus DPC HARPI Melati periode 2020-2024.

“Saya berharap amanah yang diberikan kepada pengurus yang baru dapat diemban dan dijalankan dengan penuh perhatian dan rasa tanggung jawab,” kata dia.

Menurutnya, selain suku Lampung di Kabupaten Pesawaran juga berdiam berbagai suku seperti, suku Jawa, Sunda, Batak, Bali, dan suku lainnya.

“Namun saat ini tata rias pengantin telah berkembang dan banyak mengalami perubahan, akibatnya nilai-nilai budaya terdahulu yang identik dengan busana adat, mulai tergerus oleh perkembangan jaman,” ujar dia.

Ia menegaskan, kedepan HARPI Melati dapat melestarikan dan terus menjaga keberlangsungan budaya khususnya adat budaya Lampung dengan mengenalkan pada setiap momentum yang memungkinkan.

“Maka dari itu saya berharap dengan keberadaan organisasi HARPI Melati Kabupaten Pesawaran dapat mendukung pelestarian budaya, khususnya budaya Lampung, dan budaya asli Indonesia di tengah masyarakat,” tegas dia.

 

Oleh: sapto firmansis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *