Marak Curanmor, Kapolres Sebut Kejahatan Seperti Balon

P E S A W A R A N -(PeNa), Marak terjadinya pencurian kendaraan bermotor (curanmor), Kapolres AKBP Maya Henny Hitijahubessy sebut bahwa kejahatan seperti balon. Karenanya, partisipasi dan peran aktif masyarakat dibutuhkan.

 

Keterlibatan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Bumi Andan Jejama memang dianggap dapat meringankan beban pihak aparat penegak hukum, meskipun upaya kepolisian setempat telah maksimal.

 

“Namun kami juga menyadari bahwa kejahatan bagai balon yang bila ditekan disatu sisi akan timbul disisi lainnya. Upaya maksimal kami dengan patroli hunting maupun stationer juga harus didukung kesadaran masyarakt yang tinggi untuk ikut menjaga (mengunci ganda) kendaraannya dimanapun dan kapanpun,” kata Maya,melalui pasan WhatsAppnya.

 

Maya juga menanggapi terkait seringnya ada tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (curanmor) disejumlah parkiran minimarket.

 

“Kami juga sudah melakukan sosialisasi terkait hal itu dan meminta minimarket untuk  memasang himbauan kamtibmas diparkirannya. Kami tetap berupaya menekan terjadinya Curanmor di Wilkum Pesawaran,” ujar dia.

 

Kemudian, Maya juga membantah terkait adanya oknum kepolisian yang diduga hanya datang dan berpoto dibeberapa lokasi dimana sedang melaksanakan tugas.

 

“Kalaupun foto, itu adalah bentuk laporan yang harus kami pertanggungjawaban dan bukan sekedar foto lalu pergi sehingga  terkesan tugas patroli hanya terkesan formalitas,” tuturnya.

 

Ditegaskan, kejahatan itu terjadi karena ada niat ditambah kesempatan. Bila ada patroli, walaupun ada niat dari pelaku namun tidak ada kesempatan karena ada patroli maka tidak akan terjadi kejadian.

 

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat di wilayah hukum Polres Pesawaran,ketika menjadi korban atau melihat kejadian tindak pidana apapun untuk segera melaporkan ataupun menginformasikan kepada kepolisian terdekat agar segera dilakukan upaya,” tegas dia.

 

Untuk diketahui,sejumlah kasus pencurian sepeda motor di Bumi Andan Jejama kerap terjadi. Meski para pelaku telah terekam Closed-Circuit Television (CCTV) namun tidak membuat aksi kejahatan tersebut surut.

 

Diantaranya, beberapa waktu lalu yang terjadi di parkiran minimarket Indomaret Desa Bernung dan teranyar terjadi lagi di parkiran  minimarket Alfamart Dusun Sinar Negeri, Desa Negeri Sakti, Kecamatan Gedong Tataan dekat kuburan cina, Minggu (09/06/2024) sekira pukul 18.48 WIB kemarin.

 

Sepeda motor tersebut raib ketika ditinggalkan pemiliknya berbelanja di minimarket tersebut. Waktunya juga tidak membutuhkan durasi yang lama, hitungan detik para pelaku berhasil membawa kabur sepeda motor yang diincarnya.

 

Salah satu korban yang bernama Ishak menceritakan kronologis pencurian bermula saat anaknya sedang berbelanja di Alfamart didekat rumahnya yakni di Dusun Sinar Negeri Desa Negeri Sakti.

 

“Ya, saat itu anak saya lagi belanja di sana,lalu, tidak sampai lima menit sedang di dalam (Alfamart) saat keluar motor sudah tidak ada lagi,” kata Ishak melalui sambungan salularnya.

 

Sepeda motor tersebut berada tepat di parkiran depan Alfamart. Dia menyebut, sepeda motor yang hilang dicuri adalah jenis matic  dengan merek Honda Beat bernomor polisi BE 5378 RX warna hitam.

 

“Pasca kejadian, langsung kita laporkan ke Polres Pesawaran. Mudah-mudahan lekas terungkap,sehingga pelaku tidak melakukan aksinya lagi dan tidak ada lagi korban seperti saya,” kata dia.

Kejadian serupa juga pernah terjadi di minimarket Indomaret di Desa Bernung beberapa waktu sebelumnya. Dan, aksi tindak pidana pencurian kendaraan bermotor dengan kekerasan juga terjadi di jalan raya Tegineneng arah ke Kota Metro.

 

oleh: Sapto firmansis

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.