Meningkat Ke Zona Orange, Pemda Kab Pesawaran Segera Evaluasi PTM

 

PESAWARAN-(PeNa), Meningkatnya status dari Zona Kuning menjadi Orange, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pesawaran segera mengevaluasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dibeberapa sekolah di Bumi Andan Jejama.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kesuma Dewangsa mengatakan bahwa satu bulan kedepan kegiatan PTM ini akan dievaluasi oleh Tim Satgas Covid-19 Pesawaran, apakah layak dilanjutkan apa malah menjadi klaster baru penyebaran covid-19.

“Tentu ada evaluasi, inikan sifatnya masih uji coba kita juga tidak mau sembarangan melakukan PTM, karena ini menyangkut keselamatan anak murid, kalau hasil evaluasi menunjukan hasil yang baik tentu kegiatan ini akan kita perpanjang dan tidak menutup kemungkinan akan kita perluas,” kata dia, Ahad (11/04/2021).

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Pesawaran masih akan tetap melanjutkan Pembelajaran Tatap Muka, meskipun saat ini status zona Bumi Andan Jejama meningkat dari zona kuning menjadi zona orange.

Katanya, saat penetapan peningkatan zona Kabupaten Pesawaran tercatat terdapat 30 orang yang dinyatakan positif Covid-19, namun sampai hari ini tercatat tinggal 19 orang yang terkonfirmasi positif.

“Memang waktu itu ada peningkatan yang signifikan, namun sekarang ini sudah berangsur-angsur menurun, semoga kedepannya Kabupaten Pesawaran kembali turun status zona nya,” ucapnya.

Ia menerangkan bahwa adanya peningkatan status zona ini tidak berpengaruh terhadap PTM yang telah dilaksanakan pada 05 April 2021 yang lalu.

“Sebelumnya kan kita telah memilih sekolah-sekolah yang dilingkungannya tidak terdapat penyebaran covid-19, sehingga adanya peningkatan status ini tidak ada masalah terhadap kegiatan PTM yang kita lakukan,” tutur dia.

“Namun kita tetap mengimbau kepada seluruh sekolah, yang telah diberikan izin untuk melakukan PTM agar lebih diperketat lagi prokes di sekolah, seperti sediakan tempat cuci tangan untuk para murid, pengecekan suhu tubuh baik kepada murid ataupun guru yang masuk, bahkan siapa saja yang ingin masuk harus di cek suhu tubuhnya, dan yang terakhir beri jarak tempat duduk antar murid,” tegas dia.

Perlu diketahui, menurut data penyebaran covid-19 pertanggal 10 April 2021, terdapat 3 kecamatan yang berstatus hijau Marga Punduh, Way Ratai dan Teluk Pandan, sedangkan 6 kecamatan berstatus kuning, Way Khilau, Kedondong, Punduh Pedada, Tegineneng, Negeri Katon serta Padang Cermin, sedangkan dua kecamatan berstatus zona orange Kecamatan Way Lima dan Gedong Tataan.

Melengkapinya, Kadisdikbud Pesawaran Fauzan Suaidi mengatakan pelaksanaan vaksinasi kepada guru sudah dilakukan kepada guru-guru yang mengajar di 70 sekolah yang ditunjuk untuk pelaksanaan PTM.

“Kalau vaksinasi sudah dilakukan namun sebatas untuk guru-guru di 70 sekolah yang menggelar PTM, namun untuk yang lain memang belum dilakukan, namun kami berharap pelaksanaan vaksinasi ini agar segera dilakukan kepada seluruh guru yang ada di Kabupaten Pesawaran,” kata dia.

 

 

Oleh: sapto firmansis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *