Momentum Hari Lahir Pancasila Untuk Menang Lawan Covid-19

BANDARLAMPUNG – Anggota Komisi V DPR RI, Bambang Suryadi mengatakan peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni, dapat di jadikan sebagai momentum untuk meningkatkan kesatuan dan persatuan ditengah pandemi covid-19.

Anggota DPR RI Dapil Lampung II ini mengatakan, seperti yang ungkapkan katua Umum PDI Perjuangan, Megawati bahwa perayaan 1 Juni untuk mengingat kembali momen ketika Bung Sukarno mengucapkan pidato di hadapan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

“Pancasila merupakan jawaban atas pertanyaan Radjiman Wedyodiningrat tentang filsafat, pandangan hidup, dan jiwa bangsa Indonesia merdeka,” kata pria yang akrab disapa Basur ini, Senin (1/6).

Dia menyebut, pemikiran Bung Karno dengan gagasan gotong royong, dan berdikari yang terkandung dalam butir butir Pancasila bisa menjadi resep ampuh dalam menghadapi pademi ini. Hal ini pun bisa dijadikan kader PDI Perjuangan untuk terus menggalakkan semangat meski di tengah covid-19

Guru kader DPP PDI Perjuangan ini mengajak, peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini sebagai momentum untuk kembali pada falsafah Pancasila, hidup bersama, bergotong royong, dan mempererat persatuan guna memerangi Covid-19.

Ia yakin bangsa Indonesia bisa memenangi perang melawan COVID-19 bila berpegang pada nilai-nilai Pancasila, yang antara lain bisa diterapkan dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus.

“Jadi mulai dari diri kita, kemudian keluarga kita dan lingkungan kita. Dengan kita mulai dari diri kita sendiri, tentunya ini akan berkontribusi sangat baik terhadap keberhasilan kita dalam menghadapi atau menanggulangi COVID-19 ini,” kata Pria kelahiran Blitar, 52 tahun silam.

Dia juga mengemukakan pentingnya saling bantu untuk meringankan beban warga yang kehidupannya menjadi sulit akibat pandemi COVID-19.

“Jadi ini adalah cara dari kegotongroyongan kita. Saya kira ini wujud nyata yang konkret dari nilai Pancasila, nilai gotong royong yang bisa sangat relevan kita terapkan di tengah-tengah pandemi ini,” kata dia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *