Pemda Pesawaran Gandeng Paguyuban Duta Besar Tarik Investor

 

P E S A W A R A N – (PeNa), Paguyuban Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia gandeng Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran temu silaturahim guna membahas berbagai potensi yang ada di Bumi Andan Jejama di Pulau Pahawang Resort, Selasa (04/10/2022).

Hadir pada kegiatan tersebut, diantaranya
Komjen Pol (P) Sjachroedin ZP, Andradjati (KBRI Dakar, Sinegal), Dubes Harry Purwanto (KBRI Abuja, Nigeria), Dubes Nadjib Riphat Kesoema (KBRI Brussel , Belgia, KBRI Canberra, Australia), Dubes Komjen Pol Purnawirawan Ito Sumardi (KBRI Yangon, Myanmar), Dubes Suprapto (KBRI Vatikan, Dubes Arief Rachman (KBRI Kabul, Afganistan), dubes Saodah batin (KBRI Budapest, Hungaria).

Lalu, Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo bersama jajarannya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi serta Persandian setempat Jayadi Yasa. Turut hadir juga sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya, Camat Marga Punduh, Kepala Desa Pulau Pahawang Kecamatan Marga Punduh Salim.

Dalam sambutannya, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan bahwa atas kegiatan tersebut sangat menguntungkan pemerintah daerah dalam membangun kedepan.

“Wilayah Kabupaten Pesawaran banyak memiliki potensi, baik tentang produksi ikan laut, potensi destinasi wisata laut gunung dan holtikultura. Saya yakin, yang mulia para duta besar memiliki koneksitas dengan negara luar. Dan, kami berharap dapat menarik investor melakukan aktifitasnya di Bumi Andan Jejama, ” kata dia.

Ia juga menerangkan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) kedepan akan lebih maksimal setelah sebelumnya pemerintah pusat menetapkan Pulau Samosir Danau Toba dibangun.

“Kami sangat berharap Pak Luhut Mentri Koordinator Kelautan dan Investasi dapat menentukan Pulau Pahawang ditetapkan dan dilakukan pembangunan setelah Danau Toba, ” ujar dia.

Untuk melengkapinya, Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pesawaran Aditya Hidayat kemudian memeberikan paparan dan informasi terkait sejumlah data potensi serta monografi yang dimiliki Bumi Andan Jejama sehingga mempermudah informasi yang dibutuhkan para investor nantinya.

Menanggapinya, perwakilan Duta Besar Ito Sumardi mengatakan bahwa Kabupaten Pesawaran sangat berpotensi membangun kerjasama dengan beberapa pengusaha dan para investor asing.

“Kita lihat dari sektor kelautannya Pesawaran memiliki potensi besar baik dari segi keindahan bawah lautnya kemudian hasil bawah laut juga, kemudian UMKM yang dimiliki, tentunya ini bisa menjadi daya tarik untuk para investor datang,” kata dia.

Ia menegaskan, setelah mendengarkan paparan dari Bappeda Kabupaten Pesawaran nantinya akan langsung mengkomunikasikan dengan sejumlah pengusaha yang ingin melakukan ekspansi perusahaannya di Kabupaten Pesawaran.

“Tentunya, para Dubes yang hari ini datang akan berusaha membantu Pemkab Pesawaran untuk mencari dan mendatangkan para investor, apalagi Pesawaran salah satu kabupaten yang dimekarkan oleh bapak Sjachroedin saat beliau menjabat sebagai gubernur yang hari ini ikut hadir,” tegas dia.

Oleh: sapto firmansis

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.