Pemda Pesawaran Telah Siapkan Dua Hektar Lahan Untuk Pembibitan Kakao

 

 

P E S A W A R A N – (PeNa), Tingkatkan petani lokal, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pesawaran telah menyiapkan lahan pembibitan Kakao seluas dua hektar di Kecamatan Way Khilau.

Demikian dikemukakan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona ketika menghadiri penyerahan 200 ribu bibit kakao bagi petani di Bumi Andan Jejama dari Ketua Komisi IV, DPR-RI Sudin secara simbolis di Desa Negeri Sakti, Kecamatan Gedong Tataan, Sabtu (18/09/2021).

“Kita sudah siapkan lahan seluas dua hektare yang rencananya untuk pembibitan kakao, sehingga nantinya kita tidak perlu lagi membeli bibit dari luar Pesawaran,” kata dia.

Menurutnya, pengembangan pertanian kakao menjadi langkah yang strategis guna meningkatkan pendapatan daerah serta kesejahteraan petani.

“Kita ketahui bersama bahwa pertanian adalah sektor unggulan yang tetap stabil di tengah pandemi, karenanya pengembangan tanaman kakao menjadi langkah yang tepat untuk membangun ketahanan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat petani,” ujar dia.

Dikesempatan tersebut, selain memberikan bibit kakao, pihaknya juga menyerahkan sebanyak 20 unit alat pengering kakao yang nantinya digunakan oleh anggota kelompok tani. Dan, akan mengusulkan dana penyuluhan bagi kelompok tani yang menanam kakao kepada kementerian pertanian.

“Bibit kakao ini harus dirawat dengan baik, guna meningkatkan taraf kesejahteraan petani kakao di Kabupaten Pesawaran,” kata Sudin.

Sudin juga mengapresiasi Pemkab setempat yang telah memberikan perhatian pada pengembangan perkebunan kakao. Diharapkan, hasil olahan kakao di Kabupaten Pesawaran mampu bertahan bahkan meningkat sehingga menjadi sentra baik lokal maupun nasional.

 

Oleh: sapto firmansis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *