Pemda Pringsewu Segera Gali Asal Usul Nama Pringsewu

TEMANGGUNG-(PeNa), Adanya kesamaan nama Pringsewu di daerah Jawa Tengah dan Lampung, Pemerintah Kabupaten Pringsewu lakukan penggalian asal usul nama tersebut.
Untuk diketahui, Pringsewu yang pertama adalah nama sebuah pedukuhan atau dusun di Desa Giripurno, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah. Kemudian, Pringsewu yang kedua adalah nama sebuah Kabupaten sekaligus Kecamatan, yang berada di Provinsi Lampung.
Adanya kesamaan nama itulah, Bupati Pringsewu Sujadi didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Budiman bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Pringsewu mengunjungi pedukuhan kecil penghasil tembakau di kaki Gunung Sindoro di wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
Pada kesempatan tersebut, Bupati Pringsewu berkesempatan berbincang-bincang dengan Carik atau Sekretaris Desa setempat di Pringsewu, Ngadirejo, Temanggung, Jumat (16/11).
Terkait adanya kesamaan nama  antara dusunnya dengan Kabupaten Pringsewu, Carik Giripurno tersebut mengaku tidak mengetahui begitu banyak tentang asal-usul sejarah penamaan dusun tersebut dengan nama Pringsewu. Apakah ada kemungkinan keterkaitan antara Pringsewu di Jawa dengan yang di Sumatera, termasuk adanya kemungkinan nenek moyangnya dahulu juga mengikuti program kolonisasi ke Lampung pada masa kolonial Belanda.
Namun ia mengaku akan berusaha untuk mencari tahu sejarah pedukuhan tersebut kepada para tetua desa. Ia atas nama masyarakat Pedukuhan Pringsewu juga menyampaikan salam untuk seluruh masyarakat Kabupaten Pringsewu di Provinsi Lampung.
Sementara itu, Bupati Pringsewu Sujadi juga mengatakan perlunya penggalian sejarah sebuah daerah, termasuk sejarah Pringsewu itu sendiri, baik Pringsewu yang ada di Lampung maupun yang ada di Temanggung, Jawa Tengah.
Bupati Pringsewu berharap ada sebuah titik temu dan sejarah yang dapat terungkap terkait wilayah Dusun Pringsewu, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung dan juga Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung. PeNa-spt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *