Polda Lampung Tingkatkan Kompetensi Dan Profesionalisme Bhabinkamtibmas Pesawaran

 

P E S A W A R A N – (PeNa), Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Lampung gelar Pembinaan Peningkatan Kemampuan (Binkatpuan) Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polres Pesawaran di Aula Pamor Persada Polres Pesawaran, Senin (19/09/2022).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Wadir Binmas Polda Lampung AKBP A. Rahman Napitupulu dengan didampingi Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo melalui Wakapolres Pesawaran Kompol Muhammad Riza T, Kasat Binmas Polres Pesawaran Iptu Matera, Team Ditbinmas Polda Lampung Iptu Amrizal Paursibinkomas Subdit Polmas Ditbinmas, Aipda Heri Suprapto Pamin VII Subbagrenmin Ditbinmas, Briptu Randi Prayoga Bamin Subbagrenmin Ditbinmas Polda Lampung dan Penata TK 1 Trio Yanuar Hamzah Kasibinev Subdit Bhabinkamtibmas serta seluruh Bhabinkamtimas Polsek Jajaran Polres Pesawaran Polda Lampung.

“Kepada seluruh jajaran Bhabinkamtibmas dapat mengikuti dan dapat menginplementasikan dilapangan dalam menjalankan tugas ditengah masyarakat yang menjadi binaannya,” kata Wakapolres Pesawaran Kompol Muhamad Riza T.

Kegiatan Polda Lampung tahun anggaran 2022 tersebut dilangsungkan dengan tema “Melalui Giat Binkatpuan Bhabinkamtibmas, Kita Tingkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Bhabinkatibmas Dalam Rangka Pemeliharaan Kamtibmas yang Kondusif”.

Wadir Binmas Polda Lampung AKBP A. Rahman Napitupulu berharap melalui kegiatan ini, Bhabinkamtibmas dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalismenya dalam rangka pemeliharaan Kamtibmas yang Kondusif dan dapat hadir menjadi garda terdepan dalam penyelesaian masalah.

“Dalam pelaksanaan fungsi Bhabinkamtibmas harus sesuai dengan Tribrata dan berpedoman dengan Catur Prasetya, diharapkan Bhabinkamtibmas dapat meningkatkan kompetensi sehingga kehadiran Polisi sangat dirasakan masyarakat,” kata AKBP A.Rahman Napitupulu.

Menurutnya, peran dari Bhabinkamtibmas sangat diperlukan dalam memelihara serta menciptakan situasi kamtibmas ditingkat perdesaan sebagaimana diatur dalam Pasal 13 UU No. 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia.

“Fungsi Binmas adalah kekuatan inti Polri dalam bidang Preemtif, yang bertujuan agar masyarakat memiliki daya tangkal dan daya cegah terhadap segala macam gangguan Kamtibmas, Sedangkan tugas pokok Polri yang harus laksanakan adalah Melindungi, Mengayomi dan Melayani masyarakat serta memelihara kamtibmas dan penegakan hukum,” ujar dia.

Oleh: sapto firmansis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.