Polres Pesawaran Akan Tindak Tegas Pelaku Aksi Kiki Challenge

Pesawaran (PeNa)-Polres Pesawaran menghimbau pengguna kendaraan bermotor agar tidak melakukan aksi Keke Challenge, pasalnya dance yang tengah viral itu selain melanggar aturan lalu lintas juga sangat berpotensi membahayakan pengendara lain.

Kasatlantas Polres Pesawaran, AKP Ridho Rafika menjelaskan jika kedapatan pengguna kendaraan roda empat melakukan dance Keke Challenge di Wilayah Hukum Bumi Andan Jejama akan dijerat dengan pasal Pasal 283 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dengan ancaman pidana denda sebesar Rp750 ribu atau penjara maksimal tiga bulan, pasal 283 UU tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).””Pasal 283 denda Rp750 ribu kurungan tiga bulan,”  Keke Dance Challenge dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas,” tegasnya, Selasa (1/8).

Mantan Paskibraka Nasional tahun 1993 ini menghimbau agar masyarakat tidak menggunakan sebagai sarana yang justru menghambat dan membahayakan pengguna jalan lain, dance Keke challenge menurutnya  jelas mengganggu konsentrasi pengendara lain dan potensi kecelakaan semakin terbuka.

“Masyarakat seharusnya tidak menggunakan jalan sebagai tempat untuk berjoget karena dapat mengganggu konsentrasi pengendara lainnya lantaran dilakukan dengan membuka pintu mobil kemudian berjoget, Gara-gara itu yang lain bisa tabrakan. Melihat mereka pakai yang kemarin itu bisa kecelakaan. Kalau mau joget di tempat senam saja,”urainya.

Ditegaskannya, pihak kepolisian akan melakukan penegakan hukum dalam menyikapi Keke Dance Challenge demi menjaga keselamatan masyarakat dalam berkendara.

Akan kita lakukan tindakan tegas jika ada pengendara yang melakukan aksi itu, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kami akan keselematan pengguna jalan dalam berkendara, oleh sebab itu kita minta kesadaran masyarakat agar tidak melakukan senam itu guna menjaga ketertiban dan keselatan pengguna jalan yang lain,”tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *