Sekarang, Ratusan Kades Di Kab Pesawaran Jadi Sahabat Jaksa

 

P E S A W A R A N – (PeNa), Penerangan hukum dan sosialisasi jaksa sahabat desa digelar Kejaksaan Negeri (Kejari) Pesawaran di GSG Komplek Perkantoran Pemda setempat, Rabu (12/10/2022).

Dikesempatan tersebut, Kepala Kejari Pesawaran Diana Wahyu Widiyanti berharap nantinya desa menjadi sahabat jaksa bukan jaksa sebagai sahabat desa sehingga desa lebih proaktif dalam melakukan komunikasi maupun konsultasi hukum dalam menjalankan pemerintahan dan mengelola keuangan yang ada.

“Kalau saja setiap desa menerima dana desa 1 milyar rupiah, artinya ada 144milyar setiap tahunnya yang dikelola. Nah, sekarang desa bukan lagi menjadi target hukum karena ada pendampingan hukum. Nah, kedepan desa menjadi sahabat jaksa bukan sebaliknya, ” kata Kajari.

Kemudian, Diana Wahyu Widiyanti juga mengatakan Kejaksaan merupakan salah satu lembaga penegak hukum yang dituntut lebih berperan dalam menegakkan hukum, perlindungan kepentingan umum, penegakan HAM, serta pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme.

“Kejaksaan juga bukan hanya melakukan penuntutan sebagai dominus litis tetapi juga memiliki fungsi-fungsi seperti peningkatan kesadaran hukum masyarakat, pencegahan tindak pidana dan pendampingan hukum terhadap instansi pemerintah,” kata Diana.

Ia pun berharap, masyarakat bisa mengetahui bahwa tugas dan fungsi Jaksa tidak hanya berperan dalam persidangan, tetapi memiliki tugas dan fungsi untuk membantu kesadaran hukum masyarakat serta membantu menyelesaikan masalah-masalah hukum di masyarakat.

“Kegiatan penerangan hukum dan sosialisasi Jaksa Sahabat Desa ini menyasar pada tiga isu yaitu, pelayanan bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (DATUN), Rumah Restorative Justice (Rumah RJ) dan optimalisasi penggunaan Dana Desa (DD),” ujar dia.

“Kegiatan ini adalah pelayanan hukum, untuk memberi konsultasi hukum gratis kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengetahui solusi dan berbagai persoalan hukum yang dihadapi,” imbuhnya.

Dikesempatan tersebut, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menyambut baik dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Kejari Pesawaran atas terselenggaranya sosialisasi program jaksa sahabat desa dan kegiatan penerangan hukum kepada Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Pesawaran tentang tugas dan kewenangan Kejari Pesawaran.

“Saya menilai kegiatan ini sangat penting dan strategis dalam rangka meningkatkan kapasitas Aparatur Perangkat Desa dibidang Hukum khususnya dalam pencegahan penyimpangan pengelolaan Dana Desa,” kata Dendi.

Menurutnya, upaya melakukan penyuluhan atau penerangan hukum kepada semua elemen atau komponen dari masyarakat, baik dari masyarakat paling bawah sampai Pejabat atau Penyelenggara Negara bertujuan untuk pencegahan agar tidak melakukan korupsi dan tidak mencoba untuk melakukan korupsi.

“Dalam penerangan dan penyuluhan hukum serta sosialisasi dalam pencegahan tindak pidana di bidang keuangan Negara, diharapkan dapat tercipta sebuah edukasi atau informasi mengenai praktik pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan yang baik dan benar, sejak dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, hingga pertanggungjawaban,” tutur dia.

“Saya berharap kegiatan sosialisasi ini dapat menambah ilmu serta menjadi bekal sangat berharga bagi para Aparatur Desa di Kabupaten Pesawaran, khususnya dalam setiap Pengelolaan Dana Desa secara baik dan benar sesuai regulasi,” tegas dia.

 

Oleh: sapto firmansis

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.