Winarti Ikuti Rakorwil Dirjend Perbendaharaan Provinsi Lampung

BANDARLAMPUNG-(PeNa), Bupati Tulangbawang Winarti hadir untuk mengikuti Rapat koordinasi Kanwil Dirjen Perbendaharaan  Provinsi Lampung di Kota Bandarlampung, Rabu (24/10) lalu.
Kegiatan tersebut dalam rangka penerimaan piagam penghargaan Pemerintah Republik Indonesia (RI) kepada Kabupaten/Kota peraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Tahun 2017 bersama Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung
Adapun dalam kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) Semergow Kanwil DJPb, Kota Bandar lampung ini, Bupati Gotong Royong, biasa sapaan akrab dari Bupati Winarti hadir didampingi Kepala BPKAD Tulang Bawang Rustam Effendi dan Inspektur Inspektorat Pahada Hidayat dan Kadis Kominfo Gunawan, Kadis Pariwisata Yenny Karmini Utari serta sejumlah Pejabat lainnya dilingkup Pemkab Tulang Bawang.
Acara yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Lampung Bahtiar Basri, dikemas dalam bentuk rapat koordinasi dengan tema mempertahankan kualitas laporan keuangan menuju Lampung kuat.
Pada kesempatan tersebut, atas nama Menteri Keuangan, Kakanwil DJPb Alfiker Siringo Ringo menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran para Kepala Daerah penerima Opini WTP. “Saya juga ucapkan terima kasih atas kedatangan Pak Wakil Gubernur, berikut Bapak dan Ibu Bupati/Walikota di GSG Semergow ini,” kata dia.
Selain itu, sambungnya, bahwa laporan keuangan yang mendapat opini WTP, minimal memiliki dua implikasinya dan penggunaan anggaran tentu lebih ekonomis, serta laporan keuangan adalah media informasi keuangan, sehingga keputusan yang diambil atas kebijakan memiliki sifat yang baik.
“Implikasi merupakan keputusan Pemda atas penggunaan anggaran berguna pada masyarakat. Bisa dibuktikan dengan hasil pekerjaan di lapangan, bermanfaat bagi masyarakat, begitu pula indikator pembangunan berdasarkan WTP, Pemda yang telah mendapatkan 4 kali berturut-turut dan memiliki indikator lebih baik berdasarkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) lebih baik dari daerah lain,” urai Kakanwil DJPb Alfiker Siringo Ringo.
Dia menjelaskan, bahwa Tahun ini ada 13 Pemda yang menerima WTP sama dengan tahun kemarin, kedepannya diharapkan setiap rupiah anggaran yang digunakan bisa dipertanggung jawabkan secara akuntabel berdasarkan azaz manfaat.
Sementara itu, Wakil Gubernur Lampung Bahtiar Basri dalam sambutannya, mengatakan bahwa setiap peraih WTP adalah tergantung pemimpinnya, ingin laporannya baik atau tidak, bila ingin laporannya baik tentu mendapat opini WTP, keinginan ini harus selalu dijaga.
“Untuk semua Kepala Daerah di Lampung tolong jaga komitmen dalam hal penganggaran yang baik, sebab penggunaan anggaran yang baik dan pelaporan yang baik akan menghasilkan pembangunan yang baik bagi masyarakat, jangan ada lagi pemimpin daerah kita yang berurusan dengan hukum,” pesan Wakil Gubernur.
Perlu diketahui, Kabupaten Tulangbawang telah merahi Opini WTP secara 4 tahun berturut-turut, dan untuk tahun ini bersama 13 Kabupaten/Kota lainnya seperti Kota Bandar lampung, Kota metro, Lampung barat, Pringsewu, Mesuji, Tulangbawang Barat, Tanggamus, Lampung Selatan, Lampung Utara, Pesawaran, Way Kanan dan Provinsi Lampung.
Pada kesempatan ini, Bunda Winarti, sapaan akrab Bupati perempuan pertama di Kabupaten Tulang Bawang, berharap dengan diraihnya prestasi 4 kali berturut-turut meraih Opini WTP dapat kian memacu jajarannya dalam melaksanakan pengelolaan anggaran dengan baik.
“Saya berharap ini walau raihan prestasi ke-4 Tahun berturut-turut untuk Kabupaten Tulangbawang, tetapi ini awal bagi saya untuk lebih baik lagi, baik dalam hal penggunaan maupun pelaporan anggaran Tulangbawang,” ungkap dia. PeNa-edi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *