Atasi Acaman Paham Radikal, Watoni: Bumikan Pancasila

PESAWARAN(PeNa) – Selain sebagai fungsi pengawasan. Anggota legislatif juga memiliki peranan penting untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak mudah terpengaruh dengan paham radikal, yang mengancam keutuham NKRI.

Hal tersebut dikatakan oleh Anggota Komisi I DPRD Provinsi Lampung, Watoni Noerdin, saat melakukan kegiatan pembinaan ideologi Pancasila di desa Pesawaran Indah, Minggu (28/11).

Kelompok-kelompok anti-Pancasila diketahui masih menyebarkan pengaruhnya yang membahayakan keutuhan NKRI. Belum lama ini, publik Lampung juga digegerkan dengan pengerebekan terduga teroris di Pesawaran, Metro, Lamsel dan Pringsewu oleh polda Lampung.

“Untuk itu, pemahaman tentang ideologi Pancasila sangat penting. Memberikan pemahaman kepada masyarakat agar mewaspai ancaman paham yang datangnya dari luar maupun dari dalam negar kita sendiri, begitu juga harus dapat memilah berita di medsos yg bersifat mengadu domba maupun menyebarkan rasa kebencian,” ujarnya, Senin (29/11).

Dia menyebutkan, kader PDI Perjuangan sendiri memiliki kewajiban untuk membumikan pancasila. Sehingga masyarakat mudah untuk disusupi oleh paham-paham yang menjurus radikalisme negatif seperti anti-terhadap Pancasila, NKRI ataupun Kebhinekaan yang kita miliki.

“Amanat ketua umum, setiap kader PDI Perjuangan harus membumikan pancasila dimanapun dia berada. Mengingat saat ini nilai-nilai pancasila mulai tergerus oleh modernisasi zaman. Dan ini merupakan salah satu bentuk kepatuhan saya terhadap ketua umum dan partai,” kata dia.

Selain itu, ditengah pandemi seperti saat ini, dia juga mengajak masyarakat untuk mengimplementasikan nilai pancasila.

“Saya juga mengajak masyarakat mengimplentasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan mengedepankan prinsip gotong royong di masa psndemi Covid 19 ini,” pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *