Bacaleg Partai PAN Pesawaran Terancam Pidana

PESAWARAN-(PeNa), Jajaran Kepolisian Polres Pesawaran mengamankan tiga tersangka pelaku pembalakan liar (Illegal Logging), satu diantaranya merupakan Bakal calon legislatif (Bacaleg) dari Partai PAN Kabupaten Pesawaran.
Kapolres Pesawaran AKBP Syaiful Wahyudi mengatakan bahwa jajaran intelkam dan unit tipiter Polres Pesawaran telah mengamankan tiga pelaku kasus illegal logging. “Ya, jajaran kita telah mengamankan tiga tersangka yang diduga sebagai pelaku illegal logging atau pembalakan liar. Satu tersangka diantaranya dengan inisial Mr tercatat sebagai bacaleg dari salah satu partai dengan daerah pemilihan (dapil)  Kecamatan Way Rilau dan Kedondong, ” kata dia, Senin (3/9).
Diketahui, Polres Pesawaran telah mengamankan tiga pelaku illegal logging tersebut pada Selasa (14/8) sekitar pukul 11.30 WIB lalu di Jalan Desa Kubu Batu Kecamatan Way Khilau. Ketiganya adalah tersangka Nahit (52) warga Desa Teba Jawa Kecamatan Kedondong (pemilik kayu), tersangka Tinggar Fenandes (22) warga Teluk Betung Utara Kota Bandarlampung (sopir) dan Masrirozi (42) alias Ozi warga Desa Sukajaya Kecamatan Way Khilau (suplayer) juga merupakan bacaleg Partai PAN dengan nomor urut 8.
“Tiga tersangka merupakan sebagai pemilik kayu, sopir kendaraan pengangkut kayu dan suplayer atau orang yang mengirimkan barang ke Pulau Jawa. Pelaku sudah sering melakukan kejahatan tersebut dan ini pengembangan dari kasus illegal logging sebelumnya yang sudah dilimpahkan. Mereka diamankan berikut barang bukti, ” ujar dia.
Terungkap, sedianya tersangka pada kasus tersebut akan menjual kayu sonokeling hasil penebangan liar menuju Kota Klaten Jawa Tengah dengan harga Rp15juta perkubik. Sedangkan kayu yang disita sebanyak 19,5 kubik kayu.
Barang bukti yang diamankan adalah Kayu Sonokeling berbagai ukuran sebanyak lebih kurang 187 batang dan 85 batang, 1 (satu) lembar Nota Angkutan Hasil Kayu Hutan Budidaya yang berasal dari Hutan Hak, tanggal 14 Agustus
2018, atas nama pemilik kayu Musannif Ali. Lalu, satu lembar Daftar Kayu Bulat / Daftar Kayu Olahan (DKB/DKO), tanggal 14 Agustus 2018, atas nama pemilik kayu Musannif Ali,1 (satu) lembar Surat Keterangan Jalan Nomor
05/I1I.08.2006/V/2018, tanggal 1 Juli 2018 dari Kepala
Pekon Jati Agung Kecamatan Ambarawa Kabupaten
Pringsewu atas nama Paryono  yang diberikan kepada Pemilik
Kayu atas nama Musannif Ali.
“Pelaku menyuruh supir yang bernama Tinggar Fenandes untuk
membawa 1 (satu) Unit kendaraan Truck FUSO merek Mitsubishi
warna Coklat Kenari dengan Nomor Polisi BG 4874 AL yang
mengangkut Kayu Sonokeling berbagai ukuran sebanyak lebih kurang187 (seratus delapan puluh tujuh) batang dan 85 (delapan puluh lima) keping yang diduga berasal dari Kawasan Hutan Register 21Perintian Batu KPH Pematang Neba untuk dikirimkan ke Klaten, Jawa
Tengah, ” ungkap Kapolres saat ekspos kasus tersebut di Mapolres Pesawaran.
Untuk menanggung perbuatannya, ketiga tersangka dikenakan pasal  83 ayat (1) huruf b atau ayat (2) huruf B jo Pasal 12 huruf e Jo
pasal 87 Ayat 1 (huruf) a UU RI No 18 tahun 2013 tentang
Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.
“Bunyinya, Orang perorangan yang dengan sengaja mengangkut, menguasa
atau memiliki hasil hutan yang tidak dilengkapi bersama-sama
dengan surat keterangan sah nya hasil hutan dan/atau Orang
perorangan yang dengan sengaja menerima, membeli, menjual
menerima tukar, menerima titipan, dan/atau memiliki hasil hutan
yang diketahui berasal dari hasil pembalakan liar, diancam dengan pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 5 tahun, ” tegas dia. PeNa-spt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *