Bhabinkamtibmas Diminta Lebih Intensif Lakukan Komunikasi

PESAWARAN-(PeNa), Jajaran Bhabinkamtibmas Polres Pesawaran harus lebih intensif melakukan komunikasi dengan masyarakat. Demikian terungkap pada pengarahan internal di Aula Mapolsek Gedong Tataan, Jumat (28/9).
Kapolres Pesawaran AKBP Syaiful Wahyudi mengatakan bahwa sengaja dikumpulkannya anggota Bhabinkamtibmas untuk diberikan pengarahan. “Ya, seluruh Bhabinkamtibmas kita kumpulkan untuk diberikan pengarahan internal terkait perkembangan situasional saat ini yang telah masuk dalam rangkaian pentahapan Pesta demokrasi Pileg dan Pilpres 2019, ” kata dia.
Menurutnya, Bhabinkamtibmas merupakan garda terdepan Polri ditengah masyarakat. Intensitas komunikasi terus ditingkatkan untuk mendapatkan informasi dan melakukan pengayoman.
“Bhabinkamtibmas merupakan garda terdepan Polri dalam menjalin silaturahmi dengan masyarakat, utuk itu setiap bhabinkamtibmas harus mengerti betul karakteristik penduduk dan daerah desa binaannya, ” ujar dia.
Dijelaskan, Bhabinkamtibmas haruslah dapat menyelesaikan persoalan ditengah masyarakat dimana ditempatkan.
“Lakukan sambang dengan metode door to door system, dengarkan setiap informasi yang diberikan dari masyarakat, kemduan babhinkamtibmas juga harus dapat menjadi problem solving di desa, jadi jika ada permasalahan di desanya laporkan kepada atasan namun kita berikan juga upaya-upaya apa saja yang sudah dilakukan, ” jelas dia.
Diterangkan, tahapan pemilihan presiden dan legislatif sudah dimulai. Artinya, peran kepolisian sudah lebih ditingkatkan guna meminimalisir persoalan.
“Kemudian Rangkaian pentahapan Pesta demokrasi Indonesia yaitu Pileg dan Pilpres 2019 telah masuk dalam masa kampanye, untuk itu diharapkan bhabinkamtibmas dapat memonitor setiap kegiatan kampanye di desa binaannya, arahkan tim pemenangan atau simpatisan untuk membuat STTP setiap kali akan melaksanakan Kampanye, ” terang dia.
Ditegaskan, bahwa komunikasi dengan tiga pilar yakni Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa juga lebih diintensifkan.
“Jalin komunikasi dengan 3 Pilar kamtibmas ditingkat desa (Babhinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa) untuk mengajak dan menciptakan situasi yang aman, damai dan sejuk dalam menyambut Pesta demokrasi Pileg dan Pilpres 2019. Kemudian jaga betul netralitas di tubuh POLRI, ” tegas dia. PeNa-spt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *