Bupati Dendi Segera Berikan Bibit Dan Dukung Pesawaran Jadi Sentral Bawang Merah

P E S A W A R A N – (PeNa), Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona segera memberikan bibit unggul bawang merah untuk ditanam para kelompok tani di Desa Sukadadi Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung.

Hal tersebut dikemukakan ketika menyambangi para petani bawang merah yang sedang melaksanakan panen dilahan seluas 2Hektar di Desa Sukadadi Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran beberapa waktu lalu.

“Kalau kita lihat hasil panen bawang merah yang ditanam ini sepertinya hasilnya bagus dan menurut petani tadi katanya cukup bagus dan beratnya maksimal, ” kata dia, Selasa (21/06/2022).

Ia menerangkan, kedepan sesuai usulan para kelompok tani yang menanam bawang merah lebih membutuhkan bibit bawang dengan varian Bima Jokowi. Persoalan pengadaan bibit terkendala dengan financial para petani, mengingat pengolahan lahan sendiri sudah mengeluarkan banyak biaya.

“Nanti kita berikan bantuan bibit bawang merah, nah yang sekarang ditanam kan jenis Bima Jokowi dan nanti kalau saya yang kasih bibit ya bisa dong diberi nama Bima Dendi, ” guraunya.

Bibit bawang merah tersebut nantinya akan diberikan melalui kelompok tani setelah diusulkan melalui penyuluh pertanian dan kemudian diverifikasi oleh Dinas Pertanian Kabupaten Pesawaran lalu dapat diberikan dan harus ada pendampingan agar para petani lebih optimal.

“Silahkan dibuatkan proposal usulan apa yang menjadi kebutuhan, dibuat perkelompok ya sehingga mudah dikakukan pendampingannya. Nanti kami bantu bibit bawang merah yang bagus dan mudah mudahan kedepan di Kabupaten Pesawaran dapat menjadi sentral bawang merah, ” tutur dia.

Dukungan Bupati Dendi Ramadhona kepada para petani bawang merah di Desa Sukadadi Kecamatan Gedong Tataan tersebut direspon sangat antusias oleh para petani yang kebanyakan emak emak.

“Alkhamdulillah Pak Bupati, terima kasih dukungannya semoga Pak Bupati selalu sehat dan terkabul segala hajatnya. Insha Allah, bibit yang diberikan nanti menjadi modal ekonomi keluarga kami yang barokah dan sangat menunjang kehidupan keluarga yang lebih baik, ” kata Elly, seorang petani bawang merah yang sedang panen.

Para petani bawang di desa tersebut menanam dengan mengundang petani profesional dari Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah sebagai tutorialnya sehingga penanaman berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

“Ya, kalau kami kan belum banyak pengalaman menanam bawang merah. Nah, setelah dilakukan pemeriksaan kondisi tanah dan sumber airnya lalu menurutnya bagus maka dilakukan penanaman bawang merah dengan bibit Bima Jokowi dan alkhamdulillah hasilnya lumayan dengan berat biji kandungannya cukup berat dan ketemu harga bagus juga, ” jelas dia.

Disampaikan, harga bibit bawang merah Bima Jokowi tersebut dibeli dengan harga Rp60 ribu/kilogram di Jawa. Penanaman bawang merah tersebut memerlukan perhatian khusus agar mendapatkan hasil yang maksimal.

“Perawatannya lumayan intens, setiap hari harus kita perhatikan. Baik soal pengairan, pencegahan hama, suhu tanah dan alam dan proses pemupukan yang harus benar benar secara tepat guna sehingga tidak merusak tanaman. Kalau salah pupuk, bisa tanaman bagus namun hanya daun saja namun isinya kecil dan beratnya kurang, ” ujar dia.

Bersama para petani lainnya, Elly juga berjanji akan mensosialisasikan terkait dukungan dan perhatian Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona yang akan memberikan bantuan berupa bibit bawang merah.

“Terima kasih juga atas perhatiannya, Pak Bupati Dendi tadi juga membagikan uang untuk beli makan siang kami yang sedang kepanasan ketika panen tadi. Kami sebagai petani merasa tersanjung didatangi Pak Bupati sampai ikutan gelopotan tanah dan memabantu memotong daun bawang tadi, ” ujar dia.

Oleh: sapto firmansis

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.