Bupati Pesawaran Lepas Kafilah Pada MTQ Ke-49 Provinsi Lampung

 

P E S A W A R A N – (PeNa), Untuk mengikuti Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-49 di Kabupaten Mesuji, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona melepas kafilah dan official nya di Islamic Center Desa Sukaraja Kecamatan Gedong Tataan, Jum’at (02/12/2022).

Nantinya, kafilah Bumi Andan Jejama akan mengikuti empat cabang perlombaan yang akan dilangsungkan pada tanggal 02-09 Desember 2022 mendatang.

Empat perlombaan yang dimaksud adalah yang pertama Tilawah Anak-anak, Remaja dan Dewasa (putra/putri), kedua adalah Musabaqoh Tartil Qur’an, Qira’ah Murratal Remaja, Dewasa dan Cacat netra serta Qiroat Mujawwad (putra/putri).

Lalu, ketiga adalah Musabaqoh Hifdzhil Qur’an 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz, 30 juz dan Tafsir Qur’an Bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris (putra/putri), dan terakhir adalah Syarkhil Qur’an, Fahmil, Mushaf, Dekorasi, Kontemporer, Naskah, MMQ, Musabaqoh Hadist 100.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan bahwa ajang MTQ tersebut bukanlah sekadar perlombaan biasa, melainkan ada prinsip khusus yang harus ditunjukkan.

“Jadi tolong esensinya bukan karena hadiah, tetapi karena memang ada prinsip yang harus ditunjukkan, seperti banyaknya Qori Qoriah kita dan juga pondok pesantren yang ada di Kabupaten Pesawaran ini,” kata dia.

Dalam gelaran tingkat Provinsi Lampung tersebut, Kabupaten Pesawaran mengirimkan 50 peserta yang terdiri dari 25 lelaki dan 25 perempuan serta 30 official dan pelatih.

“Itu semua asli dari Lampung khususnya Kabupaten Pesawaran dan tidak ada yang dari daerah lain apalagi dari Jawa sana,” ujar dia.

Oleh karena itu, Bupati Dendi berharap seluruh peserta dapat meraih juara dari setiap cabang perlombaan. Dan, dapat mengharumkan nama baik Kabupaten Pesawaran.

“Meskipun fasilitas yang didapat kurang memadai, karena memang MTQ kali ini terkesan sendiri-sendiri, mulai dari Penginapan, konsumsi bahkan sampai alat mandi namun tetap semangat,” kata Dendi.

Kendati demikian, Dendi meminta agar hal-hal demikian tidak menjadi penghambat pada saat pelaksanaan nantinya.

“Karena itu, mari dijadikan ajang tersebut untuk menunjukkan bahwa Pesawaran ini masyarakatnya cinta Al Qur’an dan berakhlak Al Quran. Jangan jadikan juara patokannya, karena percuma juara kalau bukan asli orang kita,” kata dia.

Sebelum melepas, Dendi pun berpesan, agar seluruh kontingen yang berangkat senantiasa menjaga nama baik Kabupaten Pesawaran.

“Sebab, dipundak kalian ada harapan masyarakat, harapan ulama dan harapan kami selaku pemerintah kabupaten pesawaran. Maka dari itu, tetap semangat, karena tidak menutup kemungkinan kafilah kita bisa menjadi juara nantinya disana,” tukasnya.

Melengkapinya, Plt Kabag Kesra Kabupaten Pesawaran Razak yang juga selaku panitia penyelenggara menuturkan, jika seluruh kontingen yang berangkat sudah siap tampil dan membawa nama baik Bumi Andan Jejama di tingkat Provinsi Lampung.

“Begitupun dengan lokasi rumah singgahnya, kita sudah siapkan 15 rumah untuk mereka nantinya selama kegiatan berlangsung,” tutur dia.

 

Oleh: sapto firmansis

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.