Bupati Pesawaran Serahkan Kunci Rumah Berkat

P E S A W A R A N – (PeNa), Serah terima kunci Bedah Rumah Layak Sehat (Berkat) bekerja sama dengan BAZNAS, Pemda Kabupaten Pesawaran dan Brigif 4 Marinir/BS Lampung di Desa Khepong Jaya Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung, Rabu (22/06/2022).

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pesawaran Abdul Hamid mengatakan bahwa program bantuan Berkat merupakan salah satu kegiatan BAZNAS yang diinisiasi oleh Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona.

“Ini merupakan program yang diinisiasi Bupati Pesawaran dan dilounching pada 14 Maret 2022 yang lalu dan kita laksanakan tahap satu yakni berupa 3200 paket beras sedekah (berkah), 10 unit benah rumah (benar), berkat 35 unit dan bantuan makanan siap saji (bapak siji) sebanyak 57.200 paket untuk 124 desa, ” kata dia.

Menurutnya, bantuan Berkat untuk atas nama Misro tersebut terlaksana dari kerja sama bersama Brigif 4 Mar/BS Lampung, BAZNAS, Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran dan Pemerintah Desa setempat.

“Untuk rumah Pak Misro, BAZNAS hanya memberikan bantuan Rp16juta dan dari Brigif 4 Mar/BS Lampung membantu material berupa semen batu pasir dan tenaga teknisnya juga. Tentunya juga dari partisipasi aktif dari pemerintah desa. Selain Pak Misro, penerima Berkat juga diberikan Jasiti di Desa Dantar (persiapan) dan Ilyas di Desa Tambangan Kecamatan Padang Cermin, ” ujar dia.

Melengkapinya, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan bahwa program Berkat diberikan guna membantu masyarakat dengan melibatkan banyak pihak.

“Uang yang digunakan untuk membangun rumah ini dan santunan atau bantuan lainnya melalui BAZNAS adalah dari kita semua, mereka membayar infak zakat ke BAZNAS. Mulai dari Pemda hingga ke pemdes, jadi kita hanya mendistribusikan saja, ” kata dia.

Dendi juga berharap, mereka yang menerima bantuan nantinya dapat meningkat perekonomiannya sehingga dapat berpartisipasi memberikan infak sehingga tidak hanya tangan dibawah.

“Saya yakin, mereka yang sekarang menerima bantuan juga ingin juga membantu yang lain. Kita doakan, kedepan mereka ekonominya dapat meningkat dan dapat berbuat membantu membangunkan rumah rumah saudaranya, ” ujar dia.

Ditegaskan, adanya BAZNAS di Bumi Andan Jejama sangat membantu menyelesaikan persoalan kesejahteraan masyarakat. Setidaknya, bidang kesehatan bidang pendidikan dan sosial serta lainnya dapat perlahan teratasi.

 

Oleh: sapto firmansis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.