Bupati Sujadi Serahkan 297 Sertifikat Tanah Pada Warga

 

P R I N G S E W U – (PeNa), Bupati Pringsewu Sujadi menyerahkan 297 sertifikat tanah secara simbolis pada masyarakat di Pekon Tambah Rejo Kecamatan Gading Rejo Balai Pekon Tambahrejo Barat, Kamis (18/11/2021).

Sertifikat tanah tersebut merupakan program nasioanal melalui Program Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Redistribusi Tanah dan Lintas Sektoral Tahun 2021 dari Kementrian ATR/BPN Republik Indonesia.

Ikut mendampingi Bupati Sujadi diantaranya adalah Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Pringsewu diwakili Kasi Penetapan Hak dan Pendaftaran Muslim Suryadi. Hadir juga sejumlah tokoh masyarakat dan warga yang menerima manfaat program tersebut.

Bupati Pringsewu Sujadi mengatakan sertifikat tanah tersebut merupakan sesuatu yang sangat berharga dan bukti pengakuan negara terhadap masyarakat atas hak kepemilikan tanah.

Oleh karena itu, ia meminta masyarakat untuk memanfaatkan sertifikat tersebut sebaik mungkin, serta mempersilahkan pemilik sertifikat manakala terdapat kekeliruan, baik penulisan nama maupun ukuran, agar dapat mengajukan usulan perbaikan.

Namun demikian, masyarakat juga diingatkan agar tidak melupakan kewajiban membayar pajak bumi dan bangunan.

“Membayar pajak selain sebagai kewajiban, juga merupakan bagian dari ibadah”, kata dia.

Menurutnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu juga berupaya semaksimal mungkin membantu dan memudahkan masyarakat dalam membayar pajak, dengan melakukan berbagai inovasi, diantaranya dengan pembayaran pajak secara online maupun melalui outlet-outlet yang sudah ditentukan.

Melengkapinya, Kasi Penetapan Hak dan Pendaftaran Kantor Pertanahan Kabupaten Pringsewu Muslim Suryadi menuturkan bahwa
sertifikat adalah alat bukti paling kuat atas kepemilikan tanah masyarakat, sebagai jaminan kepastian hukum atas hak tanah tersebut.

“Karena itu, masyarakat agar menggunakan sertifikat tanah tersebut untuk keperluan yang bermanfaat dan bukan yang bersifat konsumtif, ” tutur dia.

Kepala Pekon Tambahrejo Barat Catur Budi Pramono mengucapkan terimakasih kepada Pemkab dan Kantah Pringsewu yang sudah menjalankan program pemerintah berupa PTSL ini, dimana warganya sangat mendukung dan antusias mengikuti program PTSL tersebut.

“Pada tahun ini ada 297 peserta PTSL. Setelah ini selesai, berarti hampir 100% bidang tanah di Pekon Tambahrejo Barat ini sudah bersertifikat”, kata dia.

 

Oleh: sapto firmansis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *