Cegah Kerusuhan, Polres Pesawaran Simulasikan Pengamanan Pilkades Serentak

 

P E S A W A R A N – (PeNa), Untuk mencegah kerusuhan pada pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 17 Desember 2022 di Bumi Andan Jejama, Polres Pesawaran simulasikan pengamanan di Halaman Mapolres setempat, Selasa (06/12/2022).

Pengamanan yang dimaksud diantaranya pada Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sebelum simulasi tersebut dilakukan, sejumlah pihak terkait melaksanakan deklarasi damai, guna menyukseskan Pemilihan Kepala Desa serentak yang tahapannya telah berjalan beberapa waktu lalu.

Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo mengatakan, peragaan simulasi pengamanan TPS tersebut dilakukan guna mempersiapkan personil pengamanan, untuk mengantisipasi segala kemungkinan gangguan keamanan pada pelaksanaan tahapan sampai dengan pelaksanaan pemungutan suara dan penghitungan suara.

“Simulasi ini, bertujuan untuk memantapkan pengamanan menjelang pelaksanaan Pilkades serentak pada 17 Desember 2022 mendatang. Dengan demikian personil yang terlibat pengamanan di sejumlah TPS maupun yang stand-by, benar-benar memahami tugas dan tindakan apa yang dilakukan jika terjadi potensi gangguan Kamtibmas atau gangguan kerusuhan,” kata dia.

Menurutnya, semua pihak terkait memiliki tanggung jawab besar dalam mengamankan pelaksanaan seluruh tahapan Pilkades serentak, sehingga tercipta pemilihan yang aman dan kondusif.

“Saya menghimbau, semua pihak membantu menjaga situasi tetap kondusif dan menghindari konflik yang dapat membelah persatuan di tengah warga. Untuk seluruh calon kalau sudah siap untuk maju berarti kalian juga sudah harus siap untuk kalah,” ujar dia.

Senada juga dikemukakan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona yang turut hadir pada kegiatan tersebut dengan mengatakan, bahwa pada bulan Desember ini terdapat 27 desa yang melaksanakan Pilkades ditambah dua desa pemilihan antar waktu (PAW).

“Dengan dilaksanakannya deklarasi damai ini, saya mengharapkan adanya komitmen dari semua calon untuk bersama-sama menjaga kondusifitas di desanya masing-masing,” kata dia.

Bahkan, pihaknya telah meminta kepada Polres Pesawaran untuk menyiapkan sel khusus bagi para cakades maupun pihak-pihak yang dapat menggangu keamanan pada Pilkades serentak tahun ini.

“Kalau memang ada masalah di lapangan, laporkan kepada pihak berwajib jangan main hakim sendiri, kalau ada kecurangan-kecurangan yang terjadi siapkan bukti-bukti dan laporkan kepada pengadilan,” tegas dia.

Menanggapinya, salah satu calon kades di Kecamatan Gedong Tataan sangat mendukung dan berharap tidak ada kerusuhan pada pelaksanaan pilkades serentak 2022 ini.

“Kami sangat mendukung pilkades yang tertib aman dan damai, jangan sampai ada yang main hakim sendiri. Siap menang dan juga harus siap kalah, karena semua adalah demi Kabupaten Pesawaran yang lebih baik. Kalau sampai ada yang rusuh, berarti kan daerah juga yang terkena dampak, ” kata dia.

Oleh: sapto firmansis

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.