Dampak Inflasi, Bupati Dendi Bagikan Beras Pada Warga

 

P E S A W A R A N – (PeNa), Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona lakukan penyerahan bantuan sosial bahan pangan berupa beras premium kepada pengemudi ojek sopir angkot Usaha Menengah Kecil dan Mikro serta Nelayan di Balai Desa Begelen Kecamatan Gedong Tataan, Kamis (20/10/2022).

Bantuan bahan pangan tersebut diberikan dalam rangka penanganan dampak inflasi di Kabupaten Pesawaran tahun 2022, dan rencananya akan dilangsungkan setiap bulannya atau sesuai dengan kemampuan keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran.

Dalam sambutannya, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan, beberapa waktu lalu pemerintah telah menaikkan harga BBM. Hal itu tentunya berdampak pada hampir semua sektor, termasuk juga menjadi salah satu faktor penyumbang naiknya biaya produksi di pasaran, sehingga perusahaan akan menaikkan harga jual barang hingga menurunnya daya beli masyarakat.

“Maka dari itu, menindaklanjuti Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor: 134/PMK.07/2022 tentang Belanja Wajib Dalam Rangka Penanganan Dampak Inflasi Tahun 2022 serta Surat Edaran Menteri Dalam Negeri RI Nomor: 840/5412/SJ tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Belanja Bantuan Sosial dalam tentang Rangka Pengendalian Inflasi di Daerah, dengan ini kami Pemkab Pesawaran melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) memberikan bansos beras premium kemasan sebanyak 5 Kg,” kata dia.

Menurutnya, bantuan tersebut ditujukan kepada seluruh masyarakat, mulai dari yang berprofesi sebagai tukang ojek, nelayan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pedagang kecil, hingga sopir angkot.

“Yang mana, masyarakat tersebut dipilih dan didata langsung oleh tim dari DKP dengan jumlah total penerima sebanyak 17.696 orang, namun untuk saat ini yang diberikan di Kecamatan Gedong Tataan sebanyak 4.401 orang dengan jumlah beras sebanyak 22.005 Kg,” ujar dia.

“Sisanya akan diberikan secara bertahap setiap bulannya hingga bulan Desember mendatang,” imbuhnya.

Dendi juga menghimbau kepada stakeholder terkait, seperti DKP, Kecamatan dan Kelurahan agar dapat membantu dalam pendistribusiannya agar bantuan tersebut dapat berjalan lancar dan sukses serta tepat sasaran.

“Dan saya berharap, penyaluran bantuan ini dapat dilakukan dengan cepat dan tepat sasaran agar dapat segera diterima dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh masyarakat,” kata dia.

Menanggapinya, Atmini (37) salah satu penerima warga Desa Bagelen Kecamatan Gedong Tataan mengungkapkan rasa senang dan terima kasih kepada Pemkab Pesawaran yang telah memberikan bantuan berupa beras kepada masyarakat.

“Dan semoga bantuan ini tetap ada secara terus menerus serta juga pembagiannya dapat merata ke seluruh masyarakat lainnya, terima kasih Pak Bupati, ” kata dia.

 

Oleh: sapto firmansis

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.