Gubernur Arinal Lakukan Restocking 1 Juta Benih Ikan di Sungai Tulangbawang

BANDAR LAMPUNG – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan penebaran benih ikan di Sempadan Jembatan Cakat Nyenyek Sungai Tulang Bawang, dalam kegiatan Restocking 1 Juta Ekor Benih Ikan Endemik Bantuan Gubernur Lampung Di Kabupaten Tulang Bawang, Rabu (28/09/2022).

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyatakan bahwa populasi ikan endemik ekonomis penting di perairan umum Lampung semakin berkurang. Oleh karena itu, pada kegiatan hari ini, akan dilakukan restocking 1 juta ekor benih ikan endemik khusus di perairan umum Sungai Tulang Bawang dengan dua titik penebaran yaitu perairan sungai di bawah Jembatan Cakat Nyenyek Kabupaten Tulang Bawang dan dilanjutkan dengan lokasi Muara Sungai Tulang Bawang.

“Penebaran benih ikan khas daerah merupakan upaya pemulihan sumber daya ikan yang sudah mulai punah terutama ikan khas daerah seperti Belida, Jelabat, dan Baung, selain itu juga untuk meningkatkan produksi tangkapan ikan skala kecil guna membantu kesejahteraan masyarakat nelayan sekitar,” ungkap Gubernur.

Sebagai kelanjutan dan bentuk dukungan dari program restocking, Gubernur mendorong Bupati/Walikota maupun tokoh masyarakat untuk juga melakukan kegiatan restocking dan wajib menganggarkannya pada APBD di masing-masing Kabupaten/Kota, karena pada dasarnya sumber daya perikanan dan ekosistem perairan umum berada di wilayah Kabupaten/Kota.

Gubernur juga mengimbau kepada masyarakat bersama Tokoh Adat dan Pokmaswas (Kelompok Masyarakat Pengawas) untuk bersama-sama melakukan pengawasan dan penegakan hukum terhadap kegiatan perikanan yang merusak.

“Provinsi Lampung bersama Kabupaten Mesuji sedang memfasilitasi pembangunan Balai Budidaya Air Tawar oleh KKP di Mesuji. Diharapkan nantinya akan menjadi salah satu solusi pengembangan pembenihan ikan endemik yang ada di Provinsi Lampung,” ucap Gubernur. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.