Kapolres Pesawaran Rangkul MPAL Wujudkan Stabilitas Kamtibmas

P E S A W A R A N – (PeNa), Mewujudkan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) Bumi Andan Jejama, Kapolres AKBP Pratomo Widodo lakukan anjau silau di Sekretariat Masyarakat Punyimbang Adat Lampung (MPAL) setempat, Rabu (23/03/2022).

Menurutnya, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bagian dari upaya menjaga kamtibmas yang melibatkan seluruh komponen masyarakat baik tokoh adat tokoh agama tokoh masyarakat dan tokoh pemuda maupun komponen lainnya.

“Secara khusus, kami dari kepolisian mengapresiasi atas apa yang sudah dilakukan oleh seluruh tokoh adat terutama yang tergabung di dalam MPAL Pesawaran dalam menjaga kerukunan serta stabilitas sosial masyarakat. Sekali lagi, mohon dibantu juga kami dari Polres Pesawaran dalam menjaga Kamtibmas,” kata dia.

Menurutnya, stabilitas kamtibmas diwilayah hukumnya tidak akan tercipta tanpa peran aktif masyarakat dan keterlibatan komponen masyarakat yang ada di Bumi Andan Jejama.

“Dengan kebersamaan dan kekompakan masyarakat dalam berbagai aktifitas sosialnya maka dapat membantu meningkatkan stabilitas kamtibmas dan semoga Pesawaran selalu kondusif, sehingga program pembangunan pemerintah daerah dapat berjalan baik, masyarakat rukun damai dan tingkat kriminalitas dapat kita tekan,” ujar dia.

Ia juga menekankan, program nasional yakni vaksinasi dapat segera terselesaikan ditengah masyarakat dengan melibatkan banyak pihak, sehingga membantu mencegah penyebaran virus covid-19.

“Kami tekankan, bagi masyarakat yang belum menerima vaksin maka segeralah divaksin, baik untuk dosis 1 dosis 2 maupun dosis booster. Kami berharap, MPAL juga dapat menginformasikan dan membantu mensosialisasikan kepada masyarakat sehingga ada percepatan dalam vaksinasi, ” tegas dia.

Menanggapinya, Ketua MPAL Kabupaten Pesawaran Farifki Zulkarnayen gelar Suntan Junjungan Makhga mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi atas kunjungan silaturakhmi yang dilakukan Kapolres Pesawaran.

“Tentu sinergi yang dilakukan antara kepolisian Polres Pesawaran dengan MPAL ini bisa berdampak positif bagi masyarakat Bumi Andan Jejama dan bisa bersama-sama untuk menjaga Kamtibmas masyarakat di Kabupaten Pesawaran,” kata dia.

Dilengkapi, Sekretaris MPAL Kabupaten Pesawaran Rama Diansyah gelar Paksi Sejati juga mengatakan bahwa kedepan akan mendukung program-program Polri yang berdampak positif bagi masyarakat Pesawaran, khususnya dalam upaya menjaga kerukunan serta menciptakan suasana kondusif.

“Sebab Kabupaten Pesawaran merupakan kota penyangga Ibu Kota Provinsi Lampung, ini juga harus menjadi perhatian bersama, bahwa angka kriminalitas dan kejahatan yang terjadi ternyata banyak dilakukan oleh orang luar Pesawaran,” kata dia.

Menurut Rama, upaya menekan kejahatan dan kriminalitas dapat dilakukan dengan cara melakukan pendekatan persuasif kepada masyarakat guna memberikan edukasi dan menanamkan kesadaran pentingnya menjaga kamtibmas.

Dalam silaturahmi tersebut hadir juga Ketua Harian MPAL Pesawaran Erland Syofandi gelar Suntan Penatih, Kasat Intelkam Polres Pesawaran Iptu Santiko Dartiyo, Wakil Ketua MPAL Pesawaran Yusak Gelar Pengikhan Sangun Ratu, Zaipullah Gelar Jaksa Batin, dan Antoni Rozali gelar Paksi Kanjang.

 

Oleh: sapto firmansis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.