Kerja Sama TNI Disetop, Jokowi: Hubungan RI-Australia Tetap Baik


Jakarta – Presiden Joko Widodo memastikan hubungan Indonesia dengan Australia tetap baik meski ada rencana penghentian kerja sama militer. Namun Jokowi meminta agar pangkal persoalan yang membuat kerja sama dihentikan segera diselesaikan.

“Saya sudah perintahkan untuk ditangani oleh Menhan dan Panglima TNI. Saya kira hubungan kita dengan Australia masih dalam kondisi yang baik-baik saja. Hanya mungkin di tingkat operasional ini masih perlu disampaikan agar situasinya tidak panas,” ujar Jokowi menjawab pertanyaan wartawan di Gedung Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (5/1/2017).

Jokowi mengaku sudah menerima laporan dari Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo soal rencana penghentian kerjasama militer antara Indonesia dan Australia. Jokowi meminta masalah itu segera diclearkan.

Dia menegaskan, Indonesia dan Australia sudah sepakat untuk saling menghormati dan tidak campur soal urusan dalam negeri masing-masing. Kesepakatan tersebut harus dihormati.

Diberitakan sebelumnya TNI memutuskan sementara kerja sama militer dengan Australia karena suatu masalah teknis soal materi latihan. 
(detik.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *