Korban Bencana Alam dapat Bantuan

Ilustrasi korban puting beliung.net
WAY KANAN (PeNa)-Korban terjangan angin puting beliung di Kecamatan Pakuon Ratu dan Negeri Besar Way Kanan telah terima bantuan dari pemkab setempat. Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten setempat, Rusli Arsyad mengatakan bantuan yang diberikan tidak sama rata, melihat kondisi kerusakan dan telah di verifikasi oleh tim dari BPBD.
Hal itu dikatakannya saat dikonfirmasi, Senin (9/1). Lebih dari 100 KK yang terkena dampak musibah angin puting beliung pada bulan Desember 2016  sudah selesai disalurkan. “Semua korban yang terkena dampak puting beliung di dua kecamatan itu sudah tersalurkan semua, untuk jumlahnya kita sesuaikan dengan kerusakan yang diderita,” ujar Rusli Arsyad.
Lebih jauh dirinya menambahkan, rata-rata para korban mendapat bantuan sebanyak Rp2-3juta. “Untuk bantuan yang kita berikan berupa bantuan materi dan rata-rata senilai Rp2-3juta rupiah, sedangkan untuk yang rusak parah kita bantu Rp5 juta rupiah,” tuturnya.
Mekanisme pemberian bantuan tersebut berdasarkan laporan kepala kampung yang kemudian diverifikasi tim BPBD, sehingga bantuan tidak salah sasaran dan sesuai kebutuhan.
Mengenai korban kebakaran di Kecamatan Kasui yang terjadi di Kampung Datar Bancong dan Kelurahan Kasui Pasar, Rusli mengatakan nota dinas telah dilayangkan ke bupati, dan berharap segera terealisasi. “Bantuan untuk korban kebakaran di Kecamatan Kasui, tadi sudah kita layangkan nota dinas ke bupati, namun saat ini kita masih menunggu karena beliau (Bupati, red) sedang dalam perjalanan, semoga besok sudah turun,” harapnya.
Bukan hanya pihak pemerintah yang memperhatikan nasib korban kebakaran di Kecamatan Kasui Way Kanan, dari pihak Rumah Amal Kita juga turut membuka rekening peduli bagi korban Kebakaran yang menewaskan seorang bocah berusia 9 tahun tersebut. Aktivis Rumah Amal Kita, Lusia Friskarini di Blambangan Umpu mengatakan, kebakaran yang terjadi di Kecamatan Kasui membuat hatinya bergetar dan ingin membantu mengurangi derita korban kebakaran tersebut.

“Ya kita dengar kabar terjadi kebakaran di Kasui hingga merenggut nyawa Nabila Zahra Putri, tentu sebagai manusia kita merasa iba dan ingn membanyu, oleh sebab itu kita membuka rekening kemanusiaan melalui link https://kitabisa.com/bantukeluargafadilak agar semua orang yang memiliki hati nurani dapat dengan mudah membantu,” tukasnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *