LPM Diminta Berperan Aktif Dalam Pembangunan Pekon

TANGGAMUS-(PeNa), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM)  diminta berperan aktif dalam pembangunan pekon. Demikian terungkap pada sosialisasi penguatan Dewan Pengurus Daerah LPM di Balai Pekon Datarajan Kecamatan Ulubelu, Rabu (28/11).
Kegiatan yang digagas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tanggamus tersebut juga mendorong Lembaga Kemasyarakat Desa (LKD) dan Lembaga Adat Desa (LAD) terlibat prosesi peningkatan pembangunan yang dimaksud.
Dalam Sambutan Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa Idham Khalid AZ yang di Wakili oleh Kabid bina lembaga dan pengembangan partisipasi Evi yunianty menyampaikan bahwa sesuai dengan peraturan Menteri Dalam negeri No 05 Tahun 2007 sebagaimana telah di ubah melalui peraturan Menteri Dalam negeri No 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakat Desa (LKD) adalah wadah partisipasi sebagai mitra pemerintah desa ikut serta dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan serta meningkatkan pelayanan masyarakat desa.
Sedangkan Lembaga Adat Desa (LAD) adalah Lembaga yang menyelenggarakan fungsi adat istiadat dan menjadi bagian dari susunan asli desa yang tumbuh dan berkembang atas prakarsa masyarakat desa.
Kegiatan juga dimaksudkan untuk meningkatkan pengelolaan dan pemahaman bagi pelaksanaan kelembagaan, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) agar dapat berperan aktif dalam pembangunan pekon yang mengacu pada undang-undang No 06 Tahun 2014 tentang dana Desa.
“Harapan kami setelah diadakannya kegiatan ini, agar bapak dan ibu mengetahui peran atau tugas kelembagaan LPM dalam membantu peningkatan pembangunan di Kabupaten Tanggamus khususnya di Pekon Datarajan, ” kata dia.
Hadir pada kegiatan tersebut adalah Camat Ulubelu Arpin, pemateri dari Sekretaris DPD LPM Kabupaten Tanggamus Sutrisno, Kepala Pekon Datarajan Sodri dan para peserta sosialisasi penguatan DPD LPM. PeNa-Opoy/Mnz.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *