Meski Melandai, Polri Tetap Ingatkan Warga Disiplin Prokes Covid-19

 

 

P E S A W A R A N – (PeNa), Wilayah Kabupaten Pesawaran terus melandai untuk persoalan kasus terkonfirmasi covid-19, hampir seluruh kecamatan telah masuk zona hijau. Meski demikian jajaran Polres Pesawaran tetap mengingatkan warga agar disiplin protokol kesehatan (prokes) dalam beraktifitas diluar rumah.

Kapolres Pesawaran AKBP Vero Aria Radmantyo mengatakan bahwa meskipun belakangan wilayah hukumnya mengalami penurunan kasus terkonfirmasi covid-19, namun masyarakat harus terus diingatkan agar tidak lalai.

“Langkah ini kita ambil untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus, yang diakibatkan dengan menurunnya kepatuhan masyarakat terhadap prokes saat beraktifitas di luar rumah, ” kata dia, Selasa (23/11/2021).

Tercatat, dari 11 kecamatan yang ada hanya satu kecamatan yang masih zona kuning. Karenanya, jajaran kepolisian setempat bersama pihak terkait terus menggelar operasi yustisi agar masyarakat tetap patuh khususnya di tempat umum seperti Pasar tradisional, Bank dan tempat makan yang dinilai berpotensi menjadi tempat berkumpulnya banyak orang.

“Hari ini jajaran Polsek Kedondong dan petugas gabungan TNI serta Satpol PP menggelar operasi yustisi di Pasar Kedondong, Bank dan warung-warung makan yang ada dibawah wilayah Polsek Kedondong,” tutur dia.

Menurutnya, meskipun sudah sering melakukan operasi yustisi masih ditemukan masyarakat yang mengabaikan prokes di tempat umum, hal ini yang diantisipasi oleh jajaran Polres Pesawaran.

“Hari ini saja ada 50 orang yang kita berikan teguran, secara tidak langsungkan masih ada saja masyarakat yang abai terhadap prokes, maka dari itu kita menggelar operasi yustisi agar masyarakat tetap menerapkan prokes, jangan sampai satu dua orang yang abai Kabupaten Pesawaran terkena dampak dengan banyak kasus terkonfirmasi kembali,” ujar dia.

Upaya lain yang dilakukan jajaran Polres Pesawaran adalah menghimbau masyarakat untuk segera mendapatkan vaksin, juga memberikan pelayanan hingga jemput bola bagi warga yang telah lolos skrinning sehingga bisa menerima vaksin.

“Kita juga memberikan pemahaman kepada masyarakat, tentang antisipasi terjadinya gelombang tiga penyebaran covid-19 dengan menerapkan prokes, kemudian kita selipkan juga tentang sosialisasi pentingnya vaksinasi bagi masyarakat,” tegas dia.

Masih digelarnya operasi yustisi guna mencegah penyebaran virus covid-19 tersebut, juga banyak mendapat dukungan dari berbagai elemen masyarakat diantaranya sejumlah warga yang merasa terbantu atas kegiatan mengingatkan menerapkan prokes.

“Operasi Yustisi sangat membantu, karena masih banyak saudara kita yang kerap menyepelekan dan menganggap pandemi telah berlalu. Padahal masih menghantui kita, ya baguslah Pak Polisi masih mau mengingatkan untuk tetap disiplin prokes pada kita, ” kata Kadavi warga yang sering beraktifitas diseputaran Gedong Tataan.

Oleh: sapto firmansis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *