Nanda: PAUD Merupakan Forum Penting Orang Tua Untuk Anak Usia 1000 Hari

 

P E S A W A R A N – (PeNa), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan forum penting bagi orang tua terhadap anak pada usia 1000 hari pertama kehidupan. Demikian dikemukakan ketika membuka bimbingan teknis (Bimtek) penguatan kapasitas Guru PAUD dan Bunda PAUD kecamatan dan desa, di Aula D’Junjungan Desa Suka Banjar Kecamatan Gedong Tataan, Selasa (07/06/2022).

Dalam sambutannya, Bunda PAUD Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi juga mengingatkan kepada seluruh guru PAUD yang hadir pada kegiatan tersebut, tugas guru PAUD mencakup kesehatan dasar, gizi dan pengembangan emosi serta intelektual perlu diberikan secara baik kepada para murid.

“PAUD merupakan forum yang penting untuk memberikan edukasi tentang pola makan, pola asuh, dan pola sanitasi kepada orang tua terutama dalam 1000 hari pertama kehidupan, PAUD juga penting untuk memberikan stimulasi bagi perkembangan kognitif dan tumbuh kembang anak,” kata dia.

Menurutnya, peran Bunda PAUD mulai dari guru yang ada disekolah, Bunda PAUD tingkat kecamatan, sampai ditingkat desa, sangatlah penting dalam memberikan informasi yang baik dalam mendidik dan menjaga kesehatan anak usia dini.

“Melalui kesempatan ini saya meminta agar setelah mengikuti bimbingan teknis ini, para guru PAUD, Bunda PAUD kecamatan dan desa, mampu meningkatkan kompetensi dalam membentuk karakter anak usia dini dan bimtek ini harus sering dilakukan untuk menciptakan pendidikan anak usia dini yang lebih baik,” ujar dia.

Ditegaskan, gerakan nasional PAUD berkualitas, menjadi grand design yang melibatkan Bunda PAUD sebagai pemangku kepentingan yang menggerakkan komponen dan sumber daya di wilayah dalam rangka penyediaan layanan PAUD secara holistic dan integrative.

“Dalam layanan tersebut, banyak meliputi kegiatan mulai dari pelaksanaan pembelajaran, layanan kesejahteraan dan gizi, deteksi dini tumbuh kembang (DDTK), pola hidup bersih dan sehat (PHBS), pengasuhan dan perawatan anak. Maka dari itu, keberadaan dan peran Bunda PAUD sangatlah penting, untuk menggerakkan segenap komponen dan sumber daya yang ada, membangun komunikasi dengan semua pemangku kepentingan, dan harus menggandeng semua elemen masyarakat, hal itu bertujuan mendorong layanan PAUD yang berkualitas dan optimal,” tegas dia.

 

 

Oleh: sapto firmansis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.