PPK Pilkada 2024 Dilantik,Bupati Pesawaran Minta Bekerja Dengan Jurdil

P E S A W A R A N – (PeNa), Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 telah dilantik, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona minta segera bekerja dengan jujur dan adil (jurdil).

 

Hal tersebut dikemukakan ketika memberikan sambutan pada Pelantikan Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan se-Kabupaten Pesawaran pada Pilkada Tahun 2024 di Gedung Graha Adora di Desa Negeri Sakti Kecamatan Gedong Tataan, Kamis (16/05/2024).

 

“Saya berharap Pilkada khususnya di Kabupaten Pesawaran ini dapat benar-benar terwujud dengan demokrasi. Yang  berlandaskan pada ketentuan Perundang-undangan yang berlaku, yang berjalan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil dan berkualitas,” kata dia.

Kemudian, dalam melaksanakan tugasnya anggota PPK harus perpegangan pada peraturan perundang-undangan sesuai dengan tahapan, program dan jadwal yang telah ditetapkan.

 

“Keberhasilan penyelenggaraan Pilkada tidaklah cukup dengan terpilihnya pemimpin yang baru, namun juga kualitas pelaksanaannya sangat memberikan arti bagi kesuksesan penyelenggaraan Pemilihan langsung para pemimpin tersebut,” ujar dia.

Menurutnya, PPK sangat diperlukan kehadirannya sehingga integritas penyelenggara dan hasil pelaksanaan Pilkada benar-benar ditegakkan.

 

“Pembentukan PPK Kabupaten Pesawaran ini, selain pelaksanaan amanat Undang-undang, juga dalam rangka menegakkan integritas penyelenggara dan hasil Pilkada di Kabupaten Pesawaran Tahun 2024,” tutur dia.

 

Bupati Dendi juga menghimbau kepada anggota PPK untuk terus meningkatkan pemahaman akan tugas, wewenang dan tanggung jawabnya.

 

“Memahami kode etik sebagai penyelenggara, bersikap netral dan hindari konflik kepentingan yang dapat mengakibatkan rusaknya citra penyelenggara yang pada gilirannya dapat mengurangi kualitas hasil Pilkada dan merupakan pelaksanaan dari akar demokrasi lokal,” ungkapnya.

 

Nantinya, usai dilantik anggota PPK dapat  segera melakukan koordinasi dan audiens dengan Camat, Kapolsek, Danramil, serta para tokoh masyarakat, agama, pemuda dan semua stakeholder yang ada diwilayah masing-masing.

 

“Kunci kesuksesan Pilkada itu ada beberapa faktor. Pertama adalah integritas, ini adalah faktor yang paling penting karena tidak dapat dibeli dan menjadi hal yang mutlak, lalu netralitas, jangan ada penyelenggara yang berpihak kepada salah satu calon, selalu bersikap adil kepada semua peserta Pilkada, paparnya.

 

Kemudian, lanjutnya, yang ketiga adalah  profesionalitas yakni sebagai penyelenggara harus banyak memahami regulasi dan jika ada persoalan agar segera dikoordinasikan, juga pandai membangun pola interaksi komunikasi.

 

“Dan terakhir adalah transparansi, agar selalu terbuka terhadap semua kegiatan tahapan yang berjalan tetapi kita harus menjaga jarak mana yang patut dan tidak patut,” tegas dia.

 

Kegiatan pelantikan PPK tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Pesawaran,  FORKOPIMDA Kabupaten Pesawaran, Sekretaris Daerah  Kabupaten Pesawaran, Para Pejabat Struktural dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pesawaran, Ketua KPU Provinsi Lampung, Ketua KPU Kabupaten Pesawaran, Para Pimpinan Partai Politik di Kabupaten Pesawaran.

 

Menanggapinya, salah satu Tokoh Adat Lampung Bumi Andan Jejama Rama Diansyah dengan Gelar Paksi Sejati mengatakan bahwa dengan dilantiknya PPK artinya tahapan telah dilangsungkan sesuai dengan perencanaan.

 

“PPK sebagai bagian komisioner KPU ditingkat kecamatan hendaknya dapat menjadi barometer baik tidaknya penyelenggaraan pilkada nantinya,untuk itu harus bekerja sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” kata dia.

 

Rama yang pernah menjabat sebagai anggota dewan perwakilan rakyat tiga periode tersebut menegaskan bahwa pada tingkat kecamatan, penyelenggara pemilu sangat rentan dengan godaan transaksional.

 

“Penyelenggara pemilu pada tataran PPK kerap berpotensi transaksional untuk keberpihakan, sebagai masyarakat sangat berharap seluruh anggota dapat mengemban amanah dan jangan lupa jaga kesehatan,” tegas dia.

 

Oleh: Sapto firmansis

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.