Ratusan Petani Singkong Mesuji Bersyukur Pupuk Rimbun Nan Hijau Bisa Penuhi Kebutuhannya

 

M E S U J I – (PeNa), Ratusan petani singkong sambut Chief Executive Officer (CEO) PT. Rimbun Nan Hijau Ahmad Effendy Noor bersama jajarannya di Balai Pertemuan Dusun Paguyuban Desa Talang Batu Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji, Kamis (01/12/2022).

Kehadiran pemilik 15 pabrik pupuk di Gresik Jawa Timur tersebut dalam rangka mendengarkan keluhan para petani sebagai masukan yang nantinya dirumuskan pada inovasi produksi pupuk sehingga dapat memenuhi kebutuhan para petani sesuai dengan komposisinya.

“Kalau soal pupuk dan stoknya kami bisa menyediakan dan mensuplainya, namun kalau soal harga ya silahkan dikonfirmasikan kepada pihak terkait yang memang memiliki otoritas untuk mengendalikan harga, ” kata Effendy dihadapan para petani.

Ia juga menerangkan, bahwa untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal tentunya harus disiplin dalam mengelola tanah yang ditanami sehingga tidak merusak unsur tanah maupun ekosistem yang terkandung didalamnya.

“Mulai dari mencangkul, memilih bibit, menanam, merawat dengan pemupukan yang baik hingga usia panen tentunya diperlukan teknik dan biasanya para petani lebih memahaminya. Dan, pupuk organik yang dibuat PT Rimbun Nan Hijau ini mampu mengurai kepadatan akibat residu yang berlebihan, ” tutur dia.

Untuk diketahui, PT Rimbun Nan Hijau telah memproduksi pupuk organik dengan komposisi dan kandungan yang sesuai dengan kebutuhan tanaman para petani. Baik, pada tanaman singkong sawit karet dan tanaman holtikultura serta padi hingga kebutuhan pada tambak udang.

“Pupuk organik yang kami produksi adalah Pupuk NPK Burung Kenari dengan kandungan Unsur N: 14%, P2O5: 15%, K2O: 16%. Lalu, Pupuk nKCL dengan kandungan unsur Kalium (K2O) : 6.56%, Nitrogen : 7.38%, Kadar Air : 1.76%. Dan, pupuk Troya Fertilizer Super Phospate (SP) dengan kandungan unsur P2O5 (Fosfat) : 3.6%, S (Sulfur) : 5.0%. Kemudian pupuk Mutiara Gold 16-16-16 dengan kandungan N (Nitrogen) MgO, P2O5 (Phospate) CaO, K2O (Kalium) Fe, S (sulfur) SiO2 dan NPK Sawit, ” ujar dia.

Karena jenisnya pupuk organik, sehingga proses penguraiannya membutuhkan beberapa waktu, namun untuk hasil yang didapat dapat dibuktikan sebagai alternatif meningkatkan produksi tanaman yang ditanamnya.

“Pupuk yang kita produksi merupakan organik, sehingga tidak bisa instan. Namun, hasilnya dapat membantu keberlangsungan dan mengurai sehingga PH tanah naik dan akan lebih subur, ” ucap dia.

Kedepan, PT Rimbun Nan Hijau akan memproduksi pupuk jenis premium dan lainnya yang dapat memenuhi kebutuhan para petani maupun corporate perkebunan. Harapannya, dengan harga pupuk yang terjangkau namun kualitas tetap akan lebih meningkatkan hasil panen.

“Ya,kegiatan tour of duty bersama dengan para petani di Sumatera untuk melihat pupuk seperti apa yang dibutuhkan oleh petani, sehingga semua masukan dan saran dari petani akan kami gunakan sebagai bahan proyeksi produksi kami kedepannya,” tegas dia.

Mananggapinya, ratusan petani singkong Dusun Paguyuban Desa Talang Batu Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji tersebut mengapresiasi dan menyambut dengan antusias atas kepedulian PT Rimbun Nan Hijau terhadap petani guna memenuhi kebutuhan pupuk.

“Harga pupuk yang tinggi dan susah didapat membuat kami para petani singkong tidak bisa memupuk tanaman, sehingga panennya kurang maksimal. Tapi, alkhamdulillah sekarang Rimbun Nan Hijau telah menyuplai pupuk yang kami butuhkan, dan harganya pun sangat terjangkau. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih, ” kata salah satu petani mewakili lainnya.

Melengkapinya, Manager Area Sumatera PT Rimbun Nan Hijau Ari Wibowo mengatakan bahwa dalam rangka berpartisipasi aktif terhadap nasib petani yang kerap kesulitan pupuk saat musim tanam, pihaknya akan berkomitmen membantunya.

“Kedepan, para petani tidak lagi sulit mendapatkan pupuk ketika musim tanam tiba. PT Rimbun Nan Hijau ada diseluruh kabupaten di Provinsi Lampung, sehingga mempermudah petani mendapatkan pupuk dengan harga yang sangat terjangkau, ” kata dia.

Oleh: sapto firmansis

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.