Riana Sari Lantik Winarti dan Nanang Jadi Ketua PMI

BANDARLAMPUNG –  Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, melantik Pengurus PMI Lampung Selatan, bertempat di Gedung Pusiban, Senin (24/10/2022).

Prosesi pelantikan ditandai dengan mengucapkan kata pelantikan dan panandatanganan berita acara yang dilanjutkan dengan penyematan pin PMI serta penyerahan bendera pataka oleh Ketua PMI Provinsi Lampung Riana Sari Arinal kepada Ketua PMI Kabupaten Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto.

Diawal sambutannya Riana Sari mengucapkan selamat kepada Pengurus PMI Kabupaten Lampung Selatan Masa Bakti Tahun 2022-2027.

“Selamat bertugas, saya yakin Bapak/Ibu semua akan dapat mengemban amanah ini dengan baik untuk menjalankan misi kemanusiaan kepalangmerahan”, ucapnya.

Berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 246 Tahun 1963 tentang Perhimpunan Palang Merah Indonesia dan Undang Undang Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Kepalangmerahan, Palang Merah Indonesia (PMI) berkewajiban membantu pemerintah dalam bidang sosial kemanusiaan tanpa membedakan agama, suku bangsa, jenis kelamin dan warna kulit serta pandangan politik yang ada.

Ketua PMI Provinsi Lampung dalam kesempatan tersebut meminta jajaran pengurus PMI Kabupaten Lampung Selatan Masa Bakti 2022-2027 untuk yang pertama, merapatkan barisan dan melakukan konsolidasi internal, sehingga dapat membentuk tim yang efektif dan solid.

Peran Dewan Kehormatan dan seluruh pengurus menjadi sangat penting untuk menggerakkan seluruh sumber daya dengan menomorsatukan kemanusiaan dan memegang teguh 7 prinsip PMI.

Terlebih PMI merupakan representasi dari gerakan untuk mengajak semua berkontribusi menyelesaikan masalah kemanusiaan. Saat ini masyarakat menunggu aksi nyata dari kita semua.

Kedua pahami tuntutan dan aspirasi yang berkembang dalam masyarakat serta ciptakan inovasi dan terobosan program. Dampak pandemi yang masih dihadapi di seluruh aspek kehidupan, perubahan iklim, era digital four poin o, maupun potensi rawan bencana alam pada beberapa wilayah di Provinsi Lampung, seperti tsunami, gempa, tanah longsor dan banjir juga menuntut kita untuk selalu waspada dan siaga.

Ketiga Sesuai amanat peraturan perundang-undangan bahwa penyelenggaraan kepalangmerahan dilakukan oleh Pemerintah dan PMI. Untuk itu Riana Sari mengharapkan pengurus yang baru dapat menjalin hubungan yang baik dengan pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan, baik dukungan anggaran maupun sinergi program dan kegiatan.

“Mohon dukungan penuh dari Bapak Bupati agar sinergi dan kolaborasi ini dapat berjalan dengan baik, ” ujar Riana Sari Arinal.

Selanjutnya keempat Riana Sari Arinal menyampailan bahwa pada tanggal 21 Juni 2021 yang lalu telah di luncurkan Gerakan SIGER DONOR DARAH (Saatnya Ikut berGErak untuk Rakyat yang membutuhkan).

“Lakukan sosialisasi secara masif sehingga gerakan donor darah sukarela dapat menjadi gaya hidup masyarakat, ” ujarnya lagi.

Disamping itu pembenahan manajemen Unit Donor Darah agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat menjadi satu hal yang secara paralel harus diprioritaskan.

Kelima Riana Sari Arinal meminta pembinaan para relawan PMI serta generasi muda melalui PMR di Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Korps Suka Rela (KSR) di level Perguruan Tinggi, Tenaga Suka Rela (TSR) dan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) di tingkat Desa menjadi kunci agar PMI dapat merespon semua kebutuhan masyarakat dengan baik.

Dan terakhir, terkait pelaksanaan Jumpa Bakti Gembira (JUMBARA) Nasional Palang Merah Remaja (PMR) IX Tahun 2023, dimana Provinsi Lampung khususnya Kabupaten Lampung Selatan dipercaya untuk menjadi tuan rumah kegiatan yang akan melibatkan lebih dari 3.000 peserta dari seluruh Indonesia. Untuk itu, langkah-langkah persiapan harus segera dilaksanakan.

Susunan pengurus PMI Kabupaten Lampubg Selatan masa bakti tahun 2022-2027, diantaranya : Pelindung Bupati Lampung Selatan, Dewan Kehormatan Ketua Letkol Infanteri Fajar Akhirudin, Ketua CSR Lampung Selatan Ahmad Heri, Ketua Bidang Organisasi Dr. Sugito, Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Kemas Ifan, Ketua Bidang Pelayanan Sosial dan Kesehatan Risky Indrawati, Ketua Bidang Relawan, Pendidikan dan Pelatihan Drs. Kriseptana.

Hadir dalam pelantikan Wakil Ketua PMI Provinsi Lampung Rudi Sjawal Sugiarto serta jajaran pengurus PMI Provinsi Lampung diantaranya Fitrianita Damhuri, Chrisna Putra, Dr. Djohan Budi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.