Rusak Parah, Puluhan Embung Terbengkalai

PESAWARAN (PeNa)-Sepuluh proyek pembangunan embung di Dinas Pertanian Kabupaten Pesawaran yang sedianya untuk mengairi pertanian tidak bermanfaat. Padahal pemerintah sudah mengeluarkan uang milyaran melalui Dana Alokasi Khusus (DAK)  guna mendanai proyek  tersebut di tahun anggaran 2016.
Faktanya, bangunan embung yang baru saja dibangun sudah dalam keadaan rusak parah. Selain itu, bangunan embung juga dibangun dengan ukuran yang sangat kecil. Aktifis pers Kabupaten Pesawaran, Ismail mengungkapkan bahwa proyek tersebut sangat melukai hati  petani. “Bobroknya bangunan embung, ini bukti kekejaman pemerintah kepada petani. Jelas, proyek ini dibangun dengan alasan petani kurang air dalam mengairi sawahnya. Tapi, kalau embung dibangun hanya untuk bancakan, akibatnya petani yang menjadi korban,” ungkap dia, Senin (15/5).
Diterangkan, proyek embung yang diperuntukan untuk petani tentu harus bisa dimanfaatkannya. “Ini kentara hanya untuk mencari uang, masa iya embung dibuat dari sejak selesai dibangun sampai sekarang tidak bisa dimanfaatkan. Kalian lihat, tidak ada sekali perasaan dalam membangun. Buktinya,bisa kita lihat. Selain bangunan retak dan roboh atau rusak, embung ini jauh dari lahan pertanian.” terang dia.
Menanggapi bobroknya proyek pembangunan embung di sepuluh desa tersebut, kepada PeNa, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pesawaran, Anca Marta Utama berkilah bahwa proyek tersebut masih dalam proses perawatan.”Ya kan proyek itu masih dalam perawatan, masih ada retensi. Nanti kita minta mereka memperbaiki, kalau tidak ya tidak dibayar retensinya, ” kilah dia.
Pantauan PeNa dilapangan, bangunan embung tidak ada yang dimanfaatkan petani. Selain sudah rusak, bangunan juga ada yang berukuran kecil mirip kolam ikan. Diketahui, pemerintah kabupaten melalui Dinas Pertanian menggelontorkan sekitar satu milyar rupiah untuk membiayai embung di sepuluh desa dari delapan kecamatan. Yakni : (1).Pembuatan Embung di Desa Cilimus Kecamatan Teluk Pandan Senilai Rp 100 juta. (2).Pembuatan Embung di Desa Ceringin Asri Kecamatan Way Ratai senilai Rp 100 juta. (3).Pembuatan Embung di Desa Ponco Rejo Kecamatan Way Ratai senilai Rp 100 juta. (4).Pembuatan Embung di Desa Tanjung Kerta Kecamatan Way Khilau senilai Rp 100 juta (5).Pembuatan Embung di Desa Banding Agung Kecamatan Punduh Pidada senilai Rp 100 juta. (6).Pembuatan Embung di Desa Kampung Baru Kecamatan Marga Punduh senilai Rp 100 juta.(7).Pembuatan Embung di Desa Kresno Mulyo Kecamatan Tegineneng senilai Rp 100 juta. (8).Pembuatan Embung di Desa Bumi Agung Tegineneng Senilai Rp 100 juta. (9). Pembuatan Embung di Desa Kedondong Kecamatan Kedondong Rp 100 juta dan (10).Pembuatan Embung di Desa Paguyuban Kecamatan Way Lima Senilai Rp 100 juta. PeNa-spt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.