Optimalkan KUR

Pemerintah Provinsi Lampung berupaya meningkatkan Perekonomian dan Optimalisasi Penyerapan Penyaluran Dana KUR di Provinsi Lampung. Hal ini mengacu pada Surat Edaran Mendagri Nomor 581/6871/SJ tentang Kredit Usaha Rakyat (KUR). Untuk mewujudkan hal tersebut  Pemerintah Provinsi menggelar Forum Corporate Goverment Gathering (CGG) Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Lampung Tahun 2017. Dengan Tema “Optimalisasi Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Provinsi Lampung” Senin, (15/05/2017) di Swiss Bell Hotel Lampung.

Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan program yang termasuk dalam Kelompok Program Penanggulangan  Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan Usaha Ekonomi Mikro dan Kecil. KUR bertujuan untuk mengakselerasi pengembangan kegiatan perekonomian di sektor riil dalam rangka penanggulangan dan pengentasan kemiskinan serta perluasan kesempatan kerja.

Gubernur Lampung yang diwakili oleh Sekda Provinsi Lampung Sutono menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung  sudah membentuk dan akan  mengoptimalkan Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kredit Usaha Rakyat (KUR). Tim ini beranggotakan instansi dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait, termasuk Bank Pelaksana dan perusahaan penjamin.

Pemprov Lampung meminta kepada Bank Pelaksana KUR dan lembaga/perusahaan penjamin agar dapat memanfaatkan Dana CSR untuk melakukan Sosialisasi dan Pembinaan Kepada Calon Debitur. Sehingga menjadi bankable dan dapat mengakses dana KUR. Bersama dengan teknis terkait diharapkan juga dapat memfasilitasi pembinaan usaha khususnya kepada debitur yang telah memanfaatkan KUR. Hal ini agar tujuan pembinaan menuju kesejahteraan masyarakat dapat tercapai dan untuk kelancaran pengembalian kredit agar tidak terjadi tunggakan kredit oleh para debitur” ujarnya.

Lebih lanjut  Sekda menyampaikan melalui Corporate Government Gathering (CGG) ini Gubernur berharap Pertemuan ini bisa menghasilkan suatu kesepakatan dan Pemahaman bersama sehingga Penyerapan Penyaluran KUR di Provinsi Lampung bisa Optimal.

Dilain Pihak Kepala Kantor OJK Provinsi Lampung Untung Nugroho menyampaikan ucapan Terima kasih kepada pemerintah Provinsi Lampung sebagai mitra OJK dalam penyelenggaraan ini

“Pada acara ini ada 6 SKPD yang menghadirkan masing-masing 20 calon nasabah debitur KUR yaitu Dinas Koperasi, Dinas Perdagangan, Dinas Kelautan/Perikanan, Dinas Tanaman Pangan, Dinas Perkebunan/Peternakan dan Dinas Perindustrian,”ungkap Nugroho

Per Desember 2016, Provinsi Lampung masuk dalam 10 besar nasional untuk Provinsi dengan penyaluran KUR terbesar yaitu berada pada urutan ke-9 dengan jumlah KUR yang disalurkan sebesar 2,19 triliun dengan jumlah debitur sebanyak 127.038 debitur. Dan untuk Sumatera penyaluran KUR di Provinsi Lampung berada pada urutan ke-2 setelah Provinsi Sumatera Selatan.rls

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.