Soal COVID-19, Kab Pesawaran Memasuki Wilayah Beresiko Rendah

 

PESAWARAN-(PeNa), Terkait pandemi corona yang masih masif berlangsung, daerah Kabupaten Pesawaran telah memasuki wilayah yang beresiko rendah. Demikian terungkap di laman instagram Bappeda Provinsi Lampung, Ahad (18/04/2021).

Dari data tersebut dapat diketahui ada 11 Kecamatan di Kabupaten Pesawaran yang diantaranya satu kecamatan zona orange yaitu Way Lima, enam zona kuning yaitu Way Khilau, Kedondong, Punduh Pedada, Tegineneng, Negerikaton dan Padang Cermin, kemudian ada Kecamatan Marga Punduh, Teluk Pandan dan Way Ratai yang memasuki zona hijau serta satu kecamatan zona merah yaitu Gedong Tataan.

Adapun rincian kasus dari masing-masing kecamatan tersebut yaitu:

1. Way Lima dengan tujuh terkonfirmasi covid-19, satu probable, 19 kontak erat dan dua kasus kematian, berzona orange
2. Gedong Tataan dengan 13 pasien covid-19, 11 suspek, empat peobable, 43 kontak erat dan 11 kasus kematian, berzona merah
3. Way Khilau dengan dua terkonfirmasi covid, tiga suspek, 16 kontak erat dan tiga kasus kematian, berzona kuning.
4. Kedondong dengan empat terkonfirmasi, tujuh suspek, dan 14 kontak erat, berzona kuning
5. punduh Pedada dengan satu terkonfirmasi, lima kontak erat dan dua kasus kematian, berzona kuning
6. Tegineneng dengan satu terkonfirmasi, delapan suspek, dua probable, enam kontak erat dan empat kematian, berzona kuning
7. Negerikaton dengan tiga terkonfirmasi, satu suspek, satu probable, delapan kontak erat dan empat kasus kematian, berzona kuning
8. Padang Cermin dengan tiga pasien covid-19, dan delapan kontak erat, wilayah berzona kuning
9. Marga Punduh dengan satu probable dan dua kasus kematian, berzona hijau
10. Teluk Pandan dengan satu probable dan empat kasus kematian, berzona hijau
11. Way Ratai dengan satu suspek, satu kontak erat dan tiga kasus kematian covid-19, wilayah zona hijau.

Dengan rincian diatas menyatakan bahwa Kabupaten Pesawaran mengalami penurunan menjadi zona beresiko rendah dengan kasus positif covid-19 saat ini bertambah tiga orang sehingga total menjadi 648 orang, kemudian pasien sembuh 576 orang, suspek 35 orang, probable 10 orang serta kasus kematian dengan 36 orang. Tercatat juga, kasus covid-19 menurun dari zona orange ke zona kuning dengan total kesembuhan pasien mencapai 576 orang.

Kondisi tersebut tidak lepas dari para petugas satgas COVID-19 Kabupaten Pesawaran terutama TNI-Polri dan Satu Pol PP serta tenaga medis yang terus menerus melakukan operasi yustisi dengan mengingatkan masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

“Ya, kita harapkan kepada seluruh masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan mengenakan masker saat beraktifitas diluar rumah, tidak berkerumun dan selalu mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir, ” kata Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona.

 

 

Oleh: sapto firmansis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *