UN Berbasis Komputer Tak Maksimal

Pesawaran-(PeNa), Pelaksanaan Ujian Nasional (UN)  berbasis komputer ditingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun ajaran 2016/2017 di Kabupaten Pesawaran hanya dilangsungkan oleh satu sekolah yakni di Kecamatan Tegineneng.
Demikian disampaikan Wakil Bupati Pesawaran, Eriawan kepada media saat meninjau UN di SMP Negeri 9 Pesawaran.”Pada tahun ini di Kabupaten Pesawaran yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer hanya ada satu sekolah yaitu di Kecamatan Tegineneng, sedangkan lainnya masih melakukan ujian Nasional Kertas Pensil,” kata dia, Selasa (2/5).
Keadaan tersebut memaksa pemerintah kabupaten untuk lebih meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan agar lebih baik. Kedepan, pihaknya merencanakan akan menambah jumlah sekolah yang mampu melakukan ujian Nasional Berbasis Komputer. “Memang kalau masalah fasilitas kita akui Pesawaran masih tertinggal dibandingkan dengan Bandarlampung, karena disana fasilitasnya sudah hampir terpenuhi semua, seperti adanya laboratorium komputer, nah ini yang perlu kita lakukan juga yaitu pemenuhan fasilitas,” ungkap dia.
Selain itu, Eriawan menginginkan daerahnya dapat menjadi tujuan pendidikan bagi peserta didik dari luar wilayah kabupaten.”Kita juga ingin Kabupaten Pesawaran ini menjadi salah satu daerah tujuan pendidikan, misalnya menarik siswa dari luar Kabupaten Pesawaran untuk bersekolah di Kabupaten Pesawaran, karena prestasi dan fasilitas sekolah yang ada di Kabupaten Pesawaran dianggap baik,”  pinta dia.
Selain kelengkapan sarana tersebut, pemkab juga mewacanakan akan memperbaiki infrastruktur sekolah. Mengingat, sudah banyak gedung sekolah yang usianya terlampau tua dan keadaan rusak dapat dilihat dibeberapa daerah. “Ya, memang kita lihat tadi masih banyak bangunan sekolah yang memang sudah rusak, kedepan kita akan melakukan perbaikan secara bertahap,” ujar dia.
Menurutnya, rusaknya gedung bangunan sekolah tersebut karena usia bangunan yang sudah tua.  “Mayoritas memang usia bangunan yang sudah tua, makanya kita lakukan perbaikan secara bertahap, sebab kita sesuaikan juga dengan kemampuan anggaran kita,” kata dia.
Ditegaskan dalam kunjungan tersebut, bahwa pelaksanaan UN diwilayahnya dapat berlangsung dengan baik tanpa ada kendala yang berarti. “Hari pertama pelaksanaan UN SMP di Kabupaten Pesawaran, sejauh ini dapat berjalan dengan lancar, tadi juga setelah kita tinjau belum ditemukan kendala yang serius,” tegas dia. PeNa-spt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.