Bendungan Bunut Segera Dinormalisasi Antisipasi Banjir Kembali

PESAWARAN-(PeNa), Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona langsung menginstruksikan kepada jajarannya untuk segera melakukan normalisasi dan perbaikan beton pada Bendungan Sungai Cengkuang di Dusun Hayam Nagreg Desa Bunut Kecamatan Way Ratai, Rabu (31/10).
Jajaran yang dimaksud adalah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pesawaran. “Tolong segera diinventarisir apa saja yang harus diperbaiki, diestimasikan dengan baik dan tepat agar dikemudian hari saat banjir air tidak kembali ke arah perkampungan, ” kata dia, saat di lokasi Bendungan Bunut tersebut.
Menurutnya, masyarakat diminta untuk dapat bersinergi dengan Pemkab Pesawaran untuk perbaikan guna mengantisipasi banjir. “Tentunya kami juga ingin minta masukan dan saran dari masyarakat dalam penanganan banjir ini, makanya saya minta dari Dinas terkait untuk dapat memberikan gambaran teknis penanggulangan banjir pada titik tertentu yang disinyalir sebagai penyebab banjir, tapi saya juga minta saran dan masukan dari masyarakat agar kita dapat bersama-sama dalam menghadapi banjir ini,” ujarnya.
Salah satu contohnya, kata dia, untuk penanganan banjir di Desa Bunut, Kecamatan Way Ratai. “Disini adanya bendungan dianggap sebagai penyebab banjir, padahal dengan adanya bendungan itu bisa mengaliri lahan sawah milik masyarakat desa sebelahnya, makanya ini harus kita cari solusi terbaiknya agar tidak ada masyarakat yang merasa dirugikan, akibat perbaikan yang kita lakukan,” ungkap dia.
Oleh sebab itu, ia menegaskan¬† bahwa pihaknya akan melakukan perbaikan jika ada persetujuan dari seluruh masyarakat. “Tadi saya minta antar pemerintah desa yang ada disini dan tetangga desa agar bisa untuk saling bersinergi, salah satunya dengan musyawarah mencari jalan terbaiknya, dan kita tidak akan melakukan pembangunan jika tidak ada persetujuan dari masyarakat desa disini dan desa yang bisa berdampak pada perbaikan yang kita lakukan,” tegas dia.
Disampaikan oleh Sekretaris Dinas PUPR M. Fikri mewakili Kadis PUPR El Safri bahwa langkah pertama segera melakukan normalisasi dan meninggikan dinding pada bendungan tersebut. “Pertama, normalisasi dengan mengangkat sedimen material sungai dipindah ke samping dan dibuat L agar air tidak naik, ” kata dia. PeNa-spt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *