Cegah Ugal-Ugalan Dijalan Raya, Polantas Pahamkan Tertib Berlalulintas Pada Siswa

 

P E S A W A R A N – (PeNa), Mencegah ugal-ugalan dijalan raya ketika berkendara, petugas Unit Keamanan dan Keselamatan Satuan Lalulintas (Kamsel Satlantas) Polres Pesawaran melakukan pemahaman kepada 300 siswa dan siswi di SMP Negeri 02 Kecamatan Teluk Pandan, Selasa (29/03/2022).

Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo melalui Kasat Lantas AKP Martoyo mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan melalui program Police Go To School dengan menyampaikan sejumlah arahan dan sosialisasi undang-undang lalulintas tentang kewajiban mengenakan helm berstandar nasional ketika mengendarai sepeda motor.

“Giat Police Go To School kita laksanakan untuk memberikan sosialisasi aman ke sekolah atau etika berlalulintas kepada para siswa dan siswi, sehingga dapat tertib berlalulintas, ” kata dia.

Kemudian, ratusan siswa dan siswi tersebut juga dipahamkan tentang pentingnya menerapkan disiplin protokol kesehatan (prokes) guna memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 ditengah pandemi corona yang masih belum berakhir.

“Kita juga memberikan pengetahuan manfaat penggunaan helm serta penekanan penggunaanya pada saat berangkat dan pulang sekolah serta menghimbau kepada para siswa untuk selalu patuh protokol kesehatan saat disekolah maupun diluar sekolah guna pencegahan penularan covid 19,” ujar dia.

Kegiatan Police Go To School juga dimaksudkan agar siswadan siswi memahami etika berlalulintas dijalan dan manfaat Penggunaan Helm berdasarkan Undang-Undang No 22 Tahun 2009 serta taat prokes guna mencegah penularan virus covid-19.

“Juga untuk menumbuhkan rasa disiplin berlalulintas kepada para siswa dan memahami rambu rambu lalulintas, kembangkan kepada pelajar guna terciptanya situasi kamseltibcarlantas yang aman di jalan dan menekan angka kecelakaan yang melibatkan usia produktif khususnya pelajar,” tegas dia.

Untuk diketahui, angka kecelakaan dijalan raya masih didominasi oleh usia produktif dan tingkat kelalaian yang sangat tinggi yang diantaranya berkendara secara ugal-ugalan dan membahayakan pengendara maupun pengguna jalan raya lainnya.

 

Oleh: sapto firmansis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.