Festival Pahawang 2022 Digelar Secara Mandiri, PWI Pesawaran Ikut Terlibat

P E S A W A R A N – (PeNa), Festival Pahawang 2022 akan dilangsungkan secara mandiri oleh masyarakat Desa Pahawang Kecamatan Teluk Pandan pada tanggal 26,27 dan 28 Agustus 2022 mendatang.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran Ketut Partayasa ketika diskusi bersama Kepala Dinas Perhubungan dan PWI Kabupaten Pesawaran di Sekretariat PWI Kabupaten Pesawaran Jalan Satria Desa Begelen Kecamatan Gedong Tataan, Jum’at (05/08/2022).

“Ada yang berbeda dibandingkan Festival Pahawang sebelumnya dimana Desa Pahawang akan sepenuhnya mengelola festival tersebut. Festival Pahawang Culture, insya allah akan dilakukan pada 26-28 Agustus 2022 mendatang dan kegiatan ini murni Kepala Desa dan masyarakat Pahawang yang selenggarakan dengan menggandeng Corporate Social Responbility (CSR),” kata dia.

Menurutnya, Dinas Pariwisata hanya memantau pada kegiatan yang dimaksud dan telah dirapatkan serta dipersiapkan. Untuk diketahui, kegiatan Festival Pahawang Culture tahun 2022 akan berorientasi pada kearifan lokal.

“Pada Festival Pahawang kali ini, yang akan kita angkat adalah tentang kearifan lokal dan budaya masyarakatnya, karena kalau keindahan alam wisata baharinya masyarakat luas pasti sudah tahu, tetapi tujuan output akhirnya adalah dengan semangat masyarakat, karena ini baru pertama kali kita gelar secara mandiri,” ujar dia.

“Dan respon dari luar juga cukup luar biasa, setidaknya sudah ada puluhan perusahaan yang siap ikut berpartisipasi dalam Festival Pahawang sebagai sponsor,” timpalnya.

Ketut juga berharap kedepannya, destinasi pulau Pahawang bisa terus berkembang tanpa meninggalkan kearifan lokal yang ada.

“Dalam kegiatan itu tentunya kita punya target minimal seribu kunjungan wisatawan yang hadir, saya optimis target itu akan sangat mudah dicapai,” harapnya.

Dalam diskusi tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pesawaran M. Syafe’i menuturkan pihaknya juga siap mendukung pelaksanaan Festival Pahawang tahun 2022.

“Pada prinsipnya untuk sarana transportasi pastinya ada dua moda transportasi yaitu darat dan laut, kalau untuk transportasi darat saya rasa tidak ada kendala, yang perlu kita perhitungkan transportasi lautnya, ini yang butuh konsentrasi agar para wisatawan yang hadir bisa terakomodir dengan mengatur arus lalulintas lautnya dengan menjamin ketersediaan dan keamanan tranportasi laut seperti kapalnya,” kata dia.

Selain itu, Dishub Pesawaran juga akan berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk mendukung jalannya pelaksanaan Festival Pahawang. “Saya juga akan segera berkoordinasi dengan Pol Airud dan tim Basarnas, supaya semua yang terlibat dalam kegiatan ini benar-benar safety, patroli laut juga akan kita tingkatkan intensitasnya, untuk menjamin keamanan dan kenyamanan para wisatawan yang hadir,” tegas dia.

Pada gelaran tersebut, PWI Kabupaten Pesawaran juga turut terlibat pada puncak acara Festival Pahawang yakni ditanggal 27 Agustus 2022 dengan menampilkan pembacaan puisi dan turut menanam bibit mangroove dibibir pantai.

 

Oleh: sapto firmansis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.